TNI AL Kantongi Sertifikat Lahan untuk Pembangunan Pangkalan di Selayar

Kamis, 02 Desember 2021 - 09:16 WIB
loading...
TNI AL Kantongi Sertifikat Lahan untuk Pembangunan Pangkalan di Selayar
Danlantamal VI Makassar, Benny Sukandari menerima langsung sertifikat tanah dari Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali, di Ruang Kajaolalido Mako Lantamal VI, Rabu (1/12/2021). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Lahan untuk pembangunan Pangkalan TNI AL di Kabupaten Kepulauan Selayar telah resmi miliki sertifikat. Penyerahan sertifikat tanah itu digelar di Markas Komando (Mako) Lantamal VI Makassar, Rabu (1/12/2021).

Pada penyerahan sertifikat tanah Pangkalan TNI AL, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI Makassar) Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari, menerima langsung sertifikat tanah tersebut dari Bupati Kepulauan Selayar Muh Basli Ali di Ruang Kajaolalido Mako Lantamal VI.

Penyerahan sertifikat tanah juga disaksikan langsung oleh Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Puguh Santoso dan Tim Safari Logistik Mabesal.



Prosesi penyerahan diawali dengan penandatanganan berita acara sertifikat, dan penyerahan buku perencanaan pembangunan markas TNI AL Selayar dari Komandan Lantamal VI kepada Aslog Kasal dan Bupati Selayar serta pemberian plakat .

Komandan Lantamal VI, Benny Sukandari mengatakan penyerahan sertifikat tanah tersebut tidak lain untuk memberikan kepastian hukum tanah negara yang nantinya akan dikelola oleh TNI AL untuk pembangunan Pangkalan di Selayar.

"Pangkalan TNI AL Selayar nanti akan dilengkapi beberapa fasilitas antara lain bangunan markas komando dan dermaga serta fasilitas lainnya. Lanal untuk Tipe C tersebut nantinya akan dijabat oleh Komandan dengan berpangkat Letkol," ujar Danlantamal VI.

Lebih lanjut, dia menjelaskan Kepulauan Selayar sangat rawan sehingga membutuhkan pengawasan dan pengamanan. Karena memiliki 130 pulau serta wilayahnya 2/3 adalah laut. Tak hanya itu, juga berada pada jalur pelayaran strategis Alur Laut Kepulauan Indonesia (Alki II).



"Oleh karena itu, pembangunan Pangkalan TNI AL di Kepulauan Selayar adalah sebuah kebutuhan untuk menjaga keamanan wilayah laut Indonesia, khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar," pungkasnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Marsono, para Asisten Danlantamal VI, Kakuwil Lantamal VI, Kafasharkan Makassar, Dansatlinlamil-3, Manajer MMP PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Dansatrol Lantamal VI, Kaladokgi Yos Sudarso, Danyonmarhanlan VI, Dansekesal Makassar para Kadis dan Kasatker Lantamal VI.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)