Sederhana dan Mudah, 4 Gaya Hidup Sehat Ini Bikin Panjang Umur

Kamis, 02 Desember 2021 - 10:29 WIB
loading...
Sederhana dan Mudah, 4 Gaya Hidup Sehat Ini Bikin Panjang Umur
Gaya hidup sehat dipercaya bisa membantu memperpanjang umur. Foto: Conscious living TV
A A A
JAKARTA - Jepang dikenal sebagai negara di mana warganya berumur panjang. Banyak ahli yang sudah melakukan penelitian untuk mengetahui rahasia umur panjang mereka. Salah satunya berkat gaya hidup sehat yang mereka jalani.

Dikutip dari Money US News, berikut empat cara hidup sehat agar panjang umur .



1. Konsumsi makanan rendah lemak jenuh

Umumnya, orang yang berusia panjang makan makanan rendah lemak. Mereka tidak mengkonsumsi gula rafinasi. Sebaliknya, mereka minum air, atau susu rendah lemak, dan mengonsumsi banyak buah dan sayuran hijau yang belum diolah.

2. Tidur yang cukup

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tidur malam yang nyenyak dapat menurunkan tekanan darah, dan juga meningkatkan sistem kekebalan, membuat tubuh lebih mampu melawan infeksi. Satu studi menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam semalam memiliki peningkatan risiko stroke. Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa kurang tidur mempengaruhi otak, kurang konsentrasi, dan lain sebagainya.



3. Olahraga

Banyak penelitian mengaitkan kurangnya olahraga dengan penambahan berat badan dan masa hidup yang lebih pendek. Pakar umur Panjang, Dan Buettner mempelajari orang tua di pulau Ikaria, Yunani bahwa pria Ikaria cenderung berusia panjang usia 90-an. Mereka berolahraga cukup banyak karena mereka selalu berjalan kaki kemanapun mereka pergi.

4. Menjaga kehidupan sosial tetap aktif

Sebuah penelitian di Universitas Brigham Young, menunjukkan bahwa orang yang menikmati kehidupan keluarga yang dekat dan banyak teman, hidup lebih lama daripada orang yang kesepian. Bersosialisasi tidak hanya memberi rasa keamanan, tetapi juga dapat mendorong perilaku sehat seperti berolahraga, makan dengan baik, dan menghindari kebiasaan merusak diri sendiri seperti mengonsumsi narkoba atau minum-minuman keras.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)