Shinzo Abe Dianggap Dukung Taiwan Merdeka, China Marah pada Jepang

Kamis, 02 Desember 2021 - 13:06 WIB
loading...
Shinzo Abe Dianggap Dukung Taiwan Merdeka, China Marah pada Jepang
Mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe membuat komentar yang dianggap China mendukung kemerdekaan Taiwan. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - China marah dan memanggil Duta Besar Jepang di Beijing, Hideo Tarumi. Pemicunya adalah komentar mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe yang dianggap Beijing mendukung kemerdekaan Taiwan .

Abe sebelumnya memperingatkan Beijing bahwa setiap krisis militer yang melibatkan Taipei akan menarik Jepang dan sekutunya; Amerika Serikat (AS).



Menurut Kementerian Luar Negeri China, Asisten Menteri Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan kepada Dubes Jepang Hideo Tarumi pada Rabu (1/12/2021) malam bahwa Abe dengan berani mendukung kemerdekaan Taiwan dalam pidato yang dia buat pada hari sebelumnya.

Hua mengatakan bahwa Abe, yang mengundurkan diri sebagai perdana menteri tahun lalu dengan alasan kesehatan yang buruk, telah sangat mengganggu urusan dalam negeri China dan melanggar norma-norma dasar hubungan internasional.

Dia mendesak Tarumi untuk tidak meremehkan kekuatan China untuk mempertahankan kedaulatannya.

Saat menyampaikan pidato melalui video kepada audiens di Taiwan, Abe membuat beberapa komentar paling tajam oleh seorang politisi Tokyo terkemuka tentang ketegangan di Selat Taiwan, memperingatkan China bahwa petualangan militer akan menjadi jalan menuju bunuh diri ekonomi.

"Setiap invasi bersenjata ke Taiwan akan menghadirkan ancaman serius bagi Jepang," kata Abe.

"Krisis Taiwan akan menjadi krisis Jepang dan oleh karena itu krisis bagi aliansi Jepang-AS," ujarnya, seraya mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping seharusnya tidak gagal memahami situasi.

Perdana Menteri Jepang saat ini Fumio Kishida mengatakan Selat Taiwan mungkin menjadi masalah diplomatik besar berikutnya yang dihadapi Tokyo, dan Jepang harus berusaha untuk bekerja sama dengan Taiwan dan negara-negara yang berbagi nilai-nilai kebebasan, demokrasi dan supremasi hukum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)