Jadi Wakil Presiden PNLG, Bupati Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Forum Pengelolaan Kawasan Pesisir 2022

Jum'at, 03 Desember 2021 - 14:01 WIB
loading...
Jadi Wakil Presiden PNLG, Bupati Tangerang Siap Jadi Tuan Rumah Forum Pengelolaan Kawasan Pesisir 2022
Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar resmi dilantik sebagai Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG).Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar resmi dilantik sebagai Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG). Zaki terpilih sebagai VP PNLG karena dinilai berhasil melaksanakan pembangunan berkelanjutan untuk kawasan pesisir, mulai dari penataan kawasan, infrastruktur sampai dengan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Zaki bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PEMSEA dan Sekretariat PNLG atas dukungan dan kepercayaannya sebagai Wakil Presiden PNLG. "Kepercayaan yang telah diberikan ini, akan terus dipertahankan dan menjadi bagian dari koordinasi yang kuat dari pemerintah daerah untuk memastikan pengembangan wilayah pesisir dengan pendekatan pengelolaan kawasan pesisir secara terpadu," kata Zaki dalam keterangan resminya, Jumat (3/12/2021).

Pelantikan Wakil Presiden PNLG digelar secara daring dan diikuti lebih dari 12 negara dan 53 anggota. Diketahui, PNLG merupakan jaringan regional pemerintah daerah yang menerapkan pengelolaan pesisir terpadu.

Organisasi ini diluncurkan secara resmi oleh Program Regional GEF/UNDP/IMO tentang Kemitraan dalam Pengelolaan Lingkungan untuk Laut Asia Timur (PEMSEA), Maret 2001. Wadah ini sekaligus menjadi forum untuk bertukar informasi dan pengalaman dalam praktik pengelolaan pesisir terpadu (ICM) di antara pemerintah daerah di wilayah tersebut.

Praktik ICM belakangan ini mengarah pada peningkatan tata kelola sumber daya laut dan pesisir, dan menghasilkan keuntungan sosial, ekonomi, dan lingkungan di masyarakat. Baca: Atasi Genangan Air di Jalan RE Martadinata Ancol, Pemkot Jakut Bangun Kolam Olakan

Dengan begitu, posisi Zaki sebagai Wakil Presiden PNLG sangat strategis untuk Indonesia khususnya dalam praktik pengelolaan pesisir terpadu. Terlebih lagi, Zaki menyatakan kesiapan Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum PNLG 2022 mendatang.

Meski masih baru sebagai anggota PNLG, menurut Zaki, upaya penataan kawasan pesisir masih perlu ditingkatkan. Dia berharap melalui forum ini dapat berbagi ide, menyatukan upaya dan komitmen untuk melaksanakan pembangunan berkelanjutan.

Selain itu, menginspirasi semua pihak untuk mengembangkan wilayah pesisir yang berhasilguna dan berdayaguna dengan metode dan kepemimpinan yang baik. "Suatu kehormatan bagi Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumah Forum PNLG 2022. Kepercayaan ini memotivasi Pemkab Tangerang untuk bekerja lebih cerdas dan bijaksana dalam mengelola wilayah pesisir", tuturnya.

Zaki berharap forum ini menjadi ikon perkembangan wilayah dan komunitas desa pesisir pantai. Desa yang dipilih sebagai pusat studi dalam forum PNLG 2022 nanti adalah Desa Ketapang Kecamatan Mauk.

Tak hanya menjadi model pengembangan desa pesisir pantai di wilayah baik di Kabupaten Tangerang maupun di Indonesia, Desa Ketapang bahkan menjadi ikon dunia internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)