Pemerintah Kelurahan Ela-ela Bulukumba Gelar Vaksinasi Door to Door

Jum'at, 03 Desember 2021 - 15:18 WIB
loading...
Pemerintah Kelurahan Ela-ela Bulukumba Gelar Vaksinasi Door to Door
Pemerintah Kelurahan Ela-ela di Kabupaten Bulukumba menggelar vaksinasi door to door guna mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19 mencapai 100%. Foto: Eky Hendrawan/SINDOnews
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba gencar melakukan berbagai inovasi dalam melaksanakan percepatan vaksinasi demi terwujudnya herd immunity di masyarakat. Termasuk Pemerintah Kelurahan Ela-ela, Kecamatan Ujung Bulu, yang melakukan beragam inovasi guna mewujudkan cakupan vaksinasi mencapai 100%.

Sejak Jumat (3/12/2021), Pemerintah Kelurahan Ela-ela melakukan vaksinasi door to door alias dari rumah ke rumah. Tidak sebatas melakukan vaksinasi, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi kepada masyarakat.



Lurah Ela-ela, Irham Samsurya Nawir, menuturkan kegiatan tersebut didasari arahan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf yang menargetkan capaian vaksinasi di Kabupaten Bulukumba pada akhir Desember mampu mencakup 70%. Adapun di Kelurahan Ela-ela yang telah melampaui realisasi vaksinasi 70% menargetkan cakupan 100%.

"Seperti yang disampaikan Bupati Bulukumba mengenai percepatan vaksinasi, kami di kelurahan membuat sebuah inovasi yaitu Ela-Ela Road to 100% vaksin. Saat ini kami bekerja sama dengan Puskemas Caile melakukan door to door untuk memberikan vaksin ke masyarakat," ujar Irham.

Secara teknis, Irham menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksinasi door to door yang berkolaborasi dengan tim vaksinator dari Puskemas Caile. Pihaknya membagi dalam tiga tim yang berkeliling ke rumah-rumah warga. Mereka turut didampingi Babinsa, Bhabinkantibmas, serta Ketua RW selaku penanggung jawab lapangan, yang paham betul terhadap kondisi warga di masing-masing wilayahnya.

Terkait capaian vaksin di Kelurahan Ela-ela, Irham menyebutkan saat ini telah mencapai di angka presentase 87,14%. Ia optimis capaian vaksinasi di Kelurahan Ela-ela mampu mengejar target sampai 100%, hal tersebut berkat sosialisasi yang gencar dilakukan Pemerintah Kelurahan Ela-ela kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi serta penerapan protokol kesehatan.

"Target proyeksi kita di Kelurahan Ela-Ela itu 3.445 warga, dan sampai saat ini setelah dilaksanakan vaksinasi kemarin data yang ada pada kami sudah mencapai 3.002 warga yang sudah divaksin. Jadi masih ada sekitar 400 warga yang akan kita sasar hari ini lewat door to door ," ungkapnya.

"Sesuai motto kami Ela-ela Road to 100% vaksin, kami yakin dengan dukungan seluruh pihak kita mampu mencapai target yang diharapkan," sambung Irham.



Camat Ujung Bulu, Andi Ashadi, yang juga turun langsung memantau kegiatan vaksinasi door to door tersebut mengapresiasi inovasi terhadap percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kelurahan Ela-ela.

Bahkan, sesekali dirinya terlihat memberikan semangat kepada tim yang turun kelapangan. Serta di sela-sela kesempatan pun, ia turut mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya vaksinasi covid-19.

"Dari 9 kelurahan di Ujung Bulu, baru Ela-Ela yang insya Allah tidak lama lagi mencapai 100% target sasaran. Dengan door to door ini kami ingin melihat juga apa kendala masyarakat dilapangan sehingga tidak ingin melakukan vaksin," jelasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)