Infrastruktur Disiapkan, BI Percepat Penerbitan Rupiah Digital

Jum'at, 03 Desember 2021 - 15:31 WIB
loading...
Infrastruktur Disiapkan, BI Percepat Penerbitan Rupiah Digital
Bank Indonesia mempercepat penerbitan uang rupiah digital. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Grup Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Bank Indonesia (BI) Retno Ponco Windarti mengatakan bahwa BI akan mempercepat kesiapan penerbitan rupiah digital di Indonesia. Saat ini, BI tengah mempersiapkan infrastruktur sistem pembayaran dan pasar uang yang terintegrasi.

"Rencana penerbitan digital rupiah yang dipercepat dengan berdasarkan digital rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di Republik Indonesia," ujar Retno secara virtual di Jakarta, Jumat (3/12/2021).



Rupiah digital sendiri merupakan amanat yang diemban bank sentral untuk menciptakan digitalisasi mata uang menjadi Central Bank Digital Currency (CBDC).

"Kehadiran rupiah digital dapat mendukung akselerasi dan integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital di Indonesia," ucapnya.

Untuk saat ini, lanjut Retno, BI masih melakukan proses pemilihan penggunaan platform rupiah digital, sehingga ke depannya penggunaan rupiah digital dapat meningkatkan konsolidasi elektronifikasi keuangan daerah.



"Ini akan meningkatkan koordinasi untuk elektronifikasi transaksi keuangan daerah melalui TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah)," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)