Gandeng Ritase, Kominfo Tingkatkan Transformasi Digital Logistik

Jum'at, 03 Desember 2021 - 15:53 WIB
loading...
Gandeng Ritase, Kominfo Tingkatkan Transformasi Digital Logistik
Kominfo terus mendorong peningkatan pemanfaatan teknologi dan informasi (TIK) di berbagai sektor khsusunya logistik. FOTO/SINDOnews
A A A
MEDAN - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) terus mendorong peningkatan pemanfaatan teknologi dan informasi (TIK) di berbagai sektor, termasuk ekonomi dan bisnis guna mendorong percepatan transformasi di sejumlah aspek mulai dari bisnis, masyarakat, dan pemerintah yang ditunjang SDM yang mumpuni.



Melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menjalankan arahan Presiden tentang langkah-langkah menuju transformasi digital nasional dengan mengambil peran meningkatkan pemanfaatan teknologi dan informasi, salah satunya mendukung transformasi digital di sektor logistik.

"Pemanfaatan TIK ini yaitu dengan melakukan transformasi digital di beberapa sektor strategis yang sesuai ruang lingkup tugas dan fungsi kami. Mulai dari membangun data center, scalling up 33.000 UKM melalui teknologi digital, sampai dengan 150 startup digital aktif dan memfasilitasi startup naik kelas. Hal ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dalam mensinkronkran aktivitas logistik sesuai dengan visi yang ingin dicapai," ungkap Koordinator Insiatif Digital Sektor Strategis, Direktorat Ekonomi Digital, Layanan Aplikasi Informatika (APTIKA) Kominfo Wijayanto, di Medan, Kamis (3/12/2021).



Guna mencapai tujuan tersebut, Kominfo menggandeng Ritase, sebuah solusi platform layanan logistik berbasis aplikasi mobile dan desktop yang menghubungkan antara pengirim barang (shipper) dan pengantar barang (transporter) melalui proses pengiriman yang bisa dimonitor secara langsung dan menggunakan sistem pelaporan yang detail.

"Pemanfaatan teknologi pada sektor logistik menciptakan efisiensi. Ritase membuat sebuah platform logistik yang terkoneksi antara pengirim barang dan perusahaan jasa logistik, baik pergudangan maupun trucking. Kami merambah juga ke jalur darat, laut, dan udara," jelas CEO & Founder Ritase Iman Kusnadi.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)