Penjara Guayaquil, Tempat Paling Mematikan di Dunia: Napi Dimutilasi Jadi Rutinitas

Jum'at, 03 Desember 2021 - 16:04 WIB
loading...
Penjara Guayaquil, Tempat Paling Mematikan di Dunia: Napi Dimutilasi Jadi Rutinitas
Penjara Guayaquil di Ekuador menjadi tempat paling mematikan di dunia dengan mutilasi antar-napi menjadi rutinitas dalam perang antargeng. Foto/REUTERS
A A A
GUAYAQUIL - Penjara Guayaquil di Ekuador tercatat sebagai penjara paling mematikan di dunia. Perang antargeng kriminal yang diwarnai pemenggalan dan mutilasi narapidana (napi) sudah menjadi rutinitas di fasilitas tahanan tersebut.

Dua komite PBB telah meminta Ekuador untuk menjamin keamanan di penjara negara itu, di mana lebih dari 300 narapidana tewas sejak awal 2020 dalam kekerasan geng.



Pakar independen dari Komite Menentang Penyiksaan dan Sub-komite Pencegahan Penyiksaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa mereka terkejut dengan kekerasan besar-besaran yang terus berlanjut di penjara-penjara Ekuador.

“Ekuador memiliki kewajiban untuk memastikan keamanan di dalam penjaranya dengan memberikan pelatihan yang tepat kepada petugas penjara dalam jumlah yang cukup dan mengembangkan strategi untuk mengurangi kekerasan di antara narapidana,” kata Claude Heller, yang memimpin Komite Menentang Penyiksaan, seperti dikutip AFP, Jumat (3/12/2021).

Pada 29 November, Presiden Ekuador Guillermo Lasso memperpanjang keadaan darurat di penjara negara itu selama satu bulan lagi.

Keputusan presiden mengatur “mobilisasi” polisi dan tentara untuk memperkuat dan membangun kembali ketertiban dan kontrol di semua penjara negara.

Kepala negara mengumumkan keadaan darurat di penjara negara itu pada 29 September setelah kematian 119 narapidana di sebuah fasilitas di Guayaquil, pembantaian terburuk di Amerika Latin.

Beberapa tahanan dimutilasi, dipenggal atau dibakar. Pada 14 November, 62 tahanan lainnya tewas di penjara yang sama dalam kekerasan antargeng baru terkait dengan perdagangan narkoba.

Pada tahun 2016, Komite PBB Menentang Penyiksaan, sebuah badan yang terdiri dari 10 ahli independen, telah menyatakan keprihatinannya tentang seringnya episode kekerasan antar-tahanan di penjara Ekuador, setelah meninjau situasi di negara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)