PLN Bakal Lakukan Steam Blow Proyek PLTU Sulsel Barru-2

Minggu, 05 Desember 2021 - 17:33 WIB
loading...
PLN Bakal Lakukan Steam Blow Proyek PLTU Sulsel Barru-2
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel), akan melakukan steam blow atau penyemburan uap bertekanan tinggi. Foto: PLN/dok
A A A
MAKASSAR - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel), akan melakukan steam blow atau penyemburan uap bertekanan tinggi untuk membersihkan pipa ketel uap (boiler) proyek PLTU Sulsel Barru-2 (1x100 MW).

Hal ini merupakan salah satu pencapaian milestone penyelesaian dalam pembangunan, sebelum beroperasi dan menyuplai daya sebesar 100 MW pada sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan.



Manager UPP Sulsel, Rahmat Nichol Fauzen mengatakan, steam blow ini penting untuk dilakukan, karena mengingat adanya kotoran di dalam pipa akibat proses pengangkutan maupun penyambungan pipa.

"Pelaksanaan steam blow ini akan menimbulkan suara yang berpotensi terdengar oleh masyarakat di sekitar PLTU yang terletak di Dusun Labungge Desa Lampoko, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan ini. Jadi, kami sosialisasikan kepada masyarakat sekitar untuk tidak terkejut apabila mendengar suara dari proses steam blow tersebut," ungkap dia.

Tim sosialisasi yang terdiri atas UPP Sulsel, Kontraktor Konsorsium Wika-MC, dan Konsultan Supervisi PLN Enjiniring telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar pembangunan yaitu Dusun Labungnge, Dusun Bawasalo, SDN Bawasalo, dan SMKN 5 Barru, pada tanggal 16-18 November 2021. Sosialisasi juga sudah dilakukan kepada para pekerja yang tinggal di sekitar Proyek.

Manager Bagian Proyek PLTU Sulsel Barru-2, Mohammad Rizal menjelaskan, kegiatan sosialisasi dilaksanakan dalam dua cara, yaitu di tempat umum (masjid, sekolah, dll) dan dilakukan secara langsung kepada warga melalui door to door. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh para Kepala Dusun, Kepala Sekolah, warga dan murid-murid.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, PLN membagikan surat pemberitahuan, earplug (pengaman telinga) bagi warga dan pelajar yang memerlukan, souvenir berupa kaos dan khusus siswa sekolah dasar di berikan susu.

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh tim kata dia, disampaikan bahwa Steam blow ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 14 hari dengan durasi 1 sampai 10 menit sebanyak 7 kali dalam sehari, apabila terdengar bunyi/suara dari aktifitas tersebut, masyarakat diharapkan tidak panik dan tetap tenang mengingat pekerjaan dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Baca Juga: 10 Gardu Listrik Rusak Akibat Banjir Bandang Garut, PLN Tunggu Kondisi Kering
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)