Budidaya Hidroponik di Soppeng Diharap Tingkatkan Ketahanan Pangan

Minggu, 05 Desember 2021 - 18:53 WIB
loading...
Budidaya Hidroponik di Soppeng Diharap Tingkatkan Ketahanan Pangan
Budidaya kebun hidroponik diharap bisa tetap menjaga ketahanan pangan di Soppeng. Foto: Pemkab Soppeng.
A A A
SOPPENG - Budidaya kebun hidroponik diharap bisa meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, termasuk di Kabupaten Soppeng.

Bahkan, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Soppeng menggelar kunjungan ke Screen House Hidroponik di Malaka Farm dalam rangka memberikan pendampingan dan pembinaan, Minggu (5/12/2021).



Ketua TP PKK Kabupaten Soppeng, Nurjannah Said mengatakan, screen house hidroponik dikelolah Kelompok tersebut merupakan suatu tempat budidaya tanaman di mana bangunannya dibuat khusus untuk menjaga nutrisi serta melindungi tanaman dari hama serta terpaan angin yang berlebihan.

Pendampingan dan pembinaan TP PKK Kabupaten Soppeng, diharapkan mampu untuk meningkatkan ketahanan pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayuran hidroponik.

"Saya berharap budidaya penanaman sayuran hidroponik dapat sampai ke tingkat desa dengan memberdayakan Dasa Wisma dan posyandu," ujarnya.

Terdapat beberapa tanaman yang dibudidayakan oleh screen house Malaka Farm yakni, pokcoy, selada, dan melon.

Selada terdiri dari 3 macam yaitu selada merah, selada import, dan selada lokal. "Sistem hidroponik yang dikembangkan ada dua untuk sayur adalah sistem Nutrient Film Technique (NFT). Sedangkan untuk buah menggunakan Drip System (irigasi tetes)," bebernya.

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak mengatakan, pendampingan dan pembinaan TP PKK Kabupaten Soppeng merupakan bentuk sinergitas dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).



Dengan metode screen house hidroponik masyarakat diajarkan untuk membiasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran.

"Membiasakan Pola Hidup Sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah salah satunya melalui pengembangan hidroponik," pungkasnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2663 seconds (0.1#10.140)