TOPIK TERPOPULER

Camat Tempe Gencarkan Penerbitan Kartu Identitas Anak

M Reza Pahlevi
Camat Tempe Gencarkan Penerbitan Kartu Identitas Anak
Camat Tempe, Supardi Amar. Foto: Reza Pahlevi

WAJO - Pemerintah Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo gencarkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Melalui Layanan Administrasi Kependudukan Terintrgrasi (Laktasi), anak yang berusia dibawah 17 tahun didata dan diberikan KIA.

Camat Tempe, Supardi Amar mengatakan, identitas penduduk dibutuhkan oleh semua warga, tidak hanya yang berumur 17 tahun atau yang sudah menikah. Namun, identitas diri juga dibutuhkan oleh anak-anak yang berumur kurang dari 17 tahun.

Dengan program Laktasi, maka pembuatan KIA tidak lagi terpusat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), melainkan dengan, cukup mengirimkan data anak ke Kantor Kecamatan.

Baca Juga: Berkat Implementasi Reformasi Birokrasi, Pemkab Wajo Raih Penghargaan KASN

"Melalui program Laktasi Kecamatan Tempe, kami berupaya agar seluruh anak dapat memiliki KIA. Saat KIA sudah bisa dicetak di Kantor Kecamatan Tempe," ujarnya kepada SINDOnews, Minggu (5/12/2021).



Untuk lebih memaksimalkan penerbitan KIA, Pemerintah Kecamatan Tempe juga melakukan kerja sama dengan sejumlah sekolah baik di tingkat SD maupun SMP yang berada di wilayah Kecamatan Tempe.

"Jadi sekolah yang mengirimkan data muridnya kemudian dikirim ke kantor kecamatan. Sistemnya jemput bola. Ini dilakukan untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Polisi Kejar Pelaku Pelemparan Bus di Kabupaten Wajo

Mantan Kabid Humas Diskominfotik itu menjelaskan, Sejauh ini, sudah ada ratusan murid atau anak di wilayah Kecamatan Tempe yang sudah mendapatkan KIA. Bagi orang tua yang ingin mendapatkan KIA, dipersilakan membawa data diri anak ke Kantor Kecamatan.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!