Dukung Penanganan Darurat Semeru, Gedung Muhammadiyah Lumajang Jadi Pusat Layanan

Senin, 06 Desember 2021 - 09:50 WIB
loading...
Dukung Penanganan Darurat Semeru, Gedung Muhammadiyah Lumajang Jadi Pusat Layanan
Tim medis dari sejumlah RS Muhammadiyah juga diterjukan dalam penanganan darurat bencana di Lumajang. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Setelah personel, Muhammadiyah Disaster Management Center ( MDMC ) mengirimkan bantuan logistik untuk warga terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Bantuan logistik yang dikirimkan berupa famili kit sebanyak 500 kontainer, logistik Covid-19 berupa 15.000 masker, handsanitizer, sarung tangan, obat-obatan dan barang medis lainnya. Selain dengan Lazismu, pengiriman bantuan logsitik tersebut juga hasil kerja sama MDMC dengan minimarket berjejaring.

“Karena sekarang ini masih pandemi Covid-19, kami nyatakan ini bencana multihazard oleh karena itu relawan yang kami kirimkan harus tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan sampai ada hazard tambahan dari hazard yang merupakan ancaman serius dari erupsi Gunung Semeru,” kata Ketua MDMC PP Muhammadiyah Budi Setiawan melalui siaran pers yang diterima, Senin (6/12/2021).



Budi menambahkan, dikirim pula mobil dapur umum yang akan diperbantukan untuk menyiapkan makanan siap saji bagi warga terdampak maupun para relawan yang bertugas di lapangan. Semua bantuan tersebut diberangkatkan dari kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Yogyakarta pada Minggu (5/12/2021) malam.

Bantuan tersebut nanti akan dibagi menjadi dua titik yaitu satu di pos pelayanan dari arah Kabupaten Lumajang dan satunya arah Kabupaten Malang. Ini dilakukan karena terputusnya akses jalan nasional yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Malang akibat jebolnya jembatan Geladak Perak diterjang aliran lahar Gunung Semeru.



Ketua MDMC Jawa Timur, Rofii dalam keterangannya mengatakan, MDMC Jawa Timur menetapkan Gedung Muhammadiyah Kabupaten Lumajang sebagai pos layanan Muhammadiyah di sisi Kabupaten Lumajang dan SDN Sumber Urip 02, di sisi yang bisa diakses dari Kabupaten Malang.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)