TOPIK TERPOPULER

KPPU Sebut Persaingan Usaha di Sulsel Barkategori Tinggi

Marhawanti Sehe
KPPU Sebut Persaingan Usaha di Sulsel Barkategori Tinggi
Kepala KPPU Makassar, Hilman Pujana (kiri) menyampaikan bahwa indeks persaingan usaha di Sulsel mencapai 4,60. Foto: Humas KPPU Makassar

MAKASSAR - Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Makassar membeberkan, persaingan usaha di Sulawesi Selatan (Sulsel) berkategori tinggi. Nilai indeks pada tahun 2021 berada pada tingkat 4,60 dari skala maksimal 7.

Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil KPPU Makassar, Hilman Pujana saat konferensi pers di Gedung Keuangan Negara, Senin (6/11). Menurut dia, indeks persaingan usaha tersebut mengalami peningkatan dari yang sebelumnya 4,59.

Baca juga: Pengamat: Lini Asuransi Kredit di Indonesia Perlu Segera Dibenahi

"Untuk indeks persaingan usaha tahun 2021 di Provinsi Sulawesi Selatan terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya. Nilai indeks persaingan usaha pada tahun 2021 ini berada pada tingkat 4,60 dari yang sebelumnya 4,59 dengan skala maksimal 7," ungkap Hilman.

Indeks persaingan usaha merupakan suatu indikator tingkat persaingan usaha secara kuantatif dan telah masuk dalam RPJMN Tahun 2020-2024, di mana target Indeks Persepsi Persaingan Usaha adalah 5.



Indeks yang dikembangkan oleh KPPU dan CEDS-Universitas Padjadjaran ini merupakan survei persepsi kepada pemerintah, pelaku bisnis, dan masyakarat untuk memperhatikan persepsi masing-masing responden atas persaingan usaha dan menentukan berbagai hal yang perlu menjadi perhatian bagi pemerintah dan KPPU, dalam menyikapi sektor-sektor dan dimensi persaingan usaha.

Terdapat tujuh dimensi sebagai bagian dari survei, yaitu struktur, perilaku, kinerja, permintaan, pasokan, kelembagaan, dan regulasi. Berbagai dimensi tersebut sejalan dengan konsep ekonomi industri untuk indeks pembangunan dan dilakukan dengan menggunakan analisis bobot sama dan principal component analysis. Sektor ekonomi yang diukur tingkat persaingan usahanya meliputi 15 sektor ekonomi.

Baca juga: Tahun Ini Indeks Persaingan Usaha di Indonesia Naik

Menurut Hilman, khusus di Sulsel, sektor usaha dengan persaingan usaha tinggi, yaitu pertanian, kehutanan dan perikanan; perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor; serta penyediaan akomodasi dan makan minum.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!