Adnan Instruksikan Bangun Posko Siaga Bencana Hingga di Tingkat Desa

Senin, 06 Desember 2021 - 16:15 WIB
loading...
Adnan Instruksikan Bangun Posko Siaga Bencana Hingga di Tingkat Desa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan langsung memerintahkan SKPD terkait dan camat setempat untuk membangun posko siaga bencana . Mulai di tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan.

Hal tersebut diungkapkan saat dirinya memimpin Rapat Coffee Morning bersama SKPD dan Camat, di Baruga Karaeng Galesong, Senin (6/12/2021).



"Saat ini cuaca memasuki musim hujan, BMKG merilis 100 persen wilayah Indonesia memasuki musim hujan . Saya minta mulai hari ini tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan mulai membuat posko siaga bencana," ungkapnya.

Bahkan di seluruh posko tersebut harus dilengkapi dengan peralatan kebencanaan, minimal perahu karet dan ban untuk dijadikan pelampung.

Ia meminta khusus Posko Siaga Bencana Tingkat Kabupaten, agar dipusatkan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Jalan Mangka Dg Bombong atau Manggarupi dan aktif berkoordinasi dengan Dinas BPBD, PUPR, DLH, Damkar, Satpol dan Dinas Sosial .

"Sementara untuk tingkat kecamatan buat di Kantor Camat masing-masing dan perintahkan seluruh lurah dan desa agar turut membuat posko," jelas Adnan.

Kepala BPBD Gowa, Ikhsan Parawansah mengatakan, pihaknya telah mendirikan posko siaga bencana sejak adanya arahan dari BMKG dan telah berjalan 24 jam di Kantor BPBD Gowa .





"Kita sebenarnya sudah buat poskonya di kantor 24 jam, namun pak Bupati tadi mengarahkan untuk dibuat lagi di DLH dan berkoordinasi dengan SKPD terkait, sehingga kami juga akan membackup itu," jelasnya.

Terkait pelaratan yang tersedia, pihaknya menyiapkan perahu karet dua, polyethylene tiga, perahu lipat dua jadi, sehingga total perahu ada tujuh yang siap digunakan apabila terjadi banjir di Kabupaten Gowa pada musim hujan ini.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2454 seconds (0.1#10.140)