Empat Jembatan Penghubung Desa di Kabupaten Barru Putus Tersapu Banjir

Senin, 06 Desember 2021 - 17:43 WIB
loading...
Empat Jembatan Penghubung Desa di Kabupaten Barru Putus Tersapu Banjir
Sejumlah jembatan yang menjadi akses warga di Kabupaten Barru putus tersapu banjir. Itu setelah intensitas hujan tinggi sejak Minggu hingga Senin. Foto: Inews.id
A A A
BARRU - Empat jembatan penghubung desa di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan putus tersapu banjir, karena tingginya intensitas hujan sejak Minggu hingga Senin, (5-6/12/2021).

Warga berharap akses tersebut bisa dibangun kembali. Terlebih salah satu jembatan putus berada di Dusun Menrong da Galussalae, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja merupakan akses utama di daerah tersebut.



Seorang warga, Wahyu mengatakan, jembatan putus ini akibat diterjang luapan arus sungai. Daerah tersebut sampai sekarang masih diguyur hujan deras, sehingga terjadi sungai meluap.

"Hujan deras dari pagi sampai hingga saat ini menyebabkan banjir dan jembatan gantung putus. Padahal itu satu-satunya akses warga Menrong," kata Wahyu di Kabupaten Barru, Senin siang.

Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Barru, Ardi Susanto mengatakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi terjadi sampai Selasa (7/12/2021).

"Potensi bencana lainnya seperti gelombang air pasang laut, sehingga warga pesisir diminta tetap waspada," ujarnya.

Menurut dia, jembatan putus bukan hanya berada di Dusun Menrong, tetapi juga ada tiga titik lainnya dengan total empat fasilitas yang rusak dan roboh karena luapan sungai. "Benar, ini kita diskusikan. Ada 4 titik jembatan dan ada beberapa banjir yang menghalangi aktivitas warga," ujarnya.

Dia meminta warga fokus pada informasi bencana dan kerusakan . Setelah kondisi cuaca membaik tim akan turun untuk mendata, lalu Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap fokus dalam menginformasikan bencana dan kerusakan apa yang terjadi sebelum masuk ke fase rehabilitasi atau perbaikan pascabencana.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6055 seconds (0.1#10.140)