Ketagihan Rasa Manis dan Konsentrasi Menurun, Tanda Kamu Keracunan Gula

Kamis, 23 April 2020 - 00:50 WIB
loading...
Ketagihan Rasa Manis dan Konsentrasi Menurun, Tanda Kamu Keracunan Gula
Keracunan gula disini yakni kondisi tubuhmu sudah terlalu banyak mengonsumsi gula. Foto : Ilustrasi/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Mungkin istilah keracunan gula bukan hal lazim di masyarakat. Keracunan gula disini yakni kondisi tubuhmu sudah terlalu banyak mengonsumsi gula.

Padahal tak hanya penyakit diabetes yang bisa mengancam jika kelebihan gula, penyakit lainnya juga seperti stroke bahkan obesitas yang berujung kematian. Lalu apa saja tanda-tanda keracunan gula tersebut?

Baca : Berpotensi Bakteri, Jangan Simpan Makanan Ini di Dalam Freezer

1. Ketagihan Rasa Manis
Tidak hanya narkoba yang bisa menyebabkan keracunan, gula juga demikian. Hal ini dijelaskan penulis The Sugar Detox, Brooke Alpert, yang mengatakan gula bersifat adiktif sehingga orang yang terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman manis, akan selalu menginginkan hal yang sama, lagi dan lagi.

2. Muncul Jerawat
Menurut Dr Rebecca Kazin dari Washington Institut of Surgery Dermatology Lazer, konsumsi gula bisa mengakibatkan lonjakan insulin. Karena tubuh harus mengubah gula yang masuk menjadi energi. Nah beberapa orang sensitif terhadap lonjakan ini, maka salah satu gejalanya adalah munculnya jerawat.

3. Mood Swing
Sering mengalami perubahan suasana hati padahal tidak sedang datang bulan menjadi tanda kamu kebanyakan mengonsumsi gula.

4. Konsentrasi Menurun, Khususnya Setelah Makan
Menurut Alpert, ternyata kelebihan gula bisa menyebabkan masalah kognitif dan gangguan memori. Kamu akan sulit berkonsentrasi atau sering lupa jika terlalu banyak mengonsumsi gula.

5. Lidah Tidak Sensitif
Orang yang terbiasa mengonsumsi gula, lama-lama lidahnya jadi kebal. Makanan yang dulunya manis sekarang akan menjadi kurang manis. Dampaknya adalah dia akan mencoba memakan makanan yang lebih manis lagi.

Baca Juga : Konsumsi Makanan Ini Justru Bikin Imun Tubuhmu Jadi Lemah
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3776 seconds (0.1#10.140)