TOPIK TERPOPULER

BPBD Luwu Timur Imbau Warga Waspadai Curah Hujan Tinggi Akibat La Nina

Fitra Budin
BPBD Luwu Timur Imbau Warga Waspadai Curah Hujan Tinggi Akibat La Nina
Sejumlah warga di Kota Makassar melintas saat banjir melanda pemukimannya, Selasa (7/12). Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide

LUWU TIMUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari fenomena la nina.

La nina merupakan fenomena alam yang menyebabkan udara terasa lebih dingin dan membuat curah hujan lebih tinggi. Fenomena la nina juga sudah terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Baca juga: 7 Daerah di Sulsel Siaga Bencana, 9 Lainnya Kategori Waspada

Hal ini diungkap Operator Pelaksana Teknis Tugas Pusdalops BPBD Luwu Timur, Asep Suyatna saat dikonfirmasi, Selasa (7/12). Fenomena ini kata dia menyebabkan curah hujan tinggi, membuat bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, berpotensi terjadi.

“Curah hujan tinggi berpotensi terjadi pada akhir Desember,” kata Asep, Selasa (7/12).



Baca juga: Kota Makassar Siaga Dampak Cuaca Ekstrem

Asep menyampaikan, berdasarkan informasi BMKG, curah hujan terjadi di Luwu Timur mulai dari November 2021 sampai awal tahun 2022.

"Daerah yang biasa terkena banjir terjadi di Kecamatan Kalaena akibat Sungai Kalaena yang meluap. Untuk tanah longsor terjadi di Desa Kasintuwu, Kecamatan Mangkutana," kata dia.




(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!