Damkar Evakuasi Ular Sanca 4 Meter yang Muncul di Rumah Warga saat Banjir

Rabu, 08 Desember 2021 - 17:03 WIB
loading...
Damkar Evakuasi Ular Sanca 4 Meter yang Muncul di Rumah Warga saat Banjir
Petugas Damkar Makassar mengevakuasi ular sanca sepanjang 4 meter di pekarangan rumah warga yang terdampak banjir. Foto: Damkar Makassar
A A A
MAKASSAR - Seekor ular sepanjang 4 meter dievakuasi petugas animal rescue atau penanganan penyelamatan hewan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dari pemukiman warga yang terendam banjir.

Ular jenis sanca itu dilaporkan berada di rumah warga di Jalan Tanggul Patompo, Kecamatan Tamalate, Rabu (8/12/2021) sekira pukul 09.30 WITA. Hewan reptil ini muncul di pakarangan rumah warga.



"Kita tangkap di pelataran rumah warga. Ular berukuran panjang 4 meter kita evakuasi ke Mako," kata Plt Kepala Dinas Damkar Makassar Hasanuddin dalam keterangan resminya.

Dia menambahkan, ular tersebut diduga berasal dari rawa-rawa sekitar pemukiman warga yang kemudian terseret arus banjir. "Karena naik air, kemungkinan dari sana (rawa-rawa)," ujarnya.

Hasanuddin bilang, kemunculan ular sanca ini sempat membuat ketakutan warga setempat menginggat ukuran ular cukup besar. "Pasti dengan (ukuran) ular sebesar itu," imbuhnya.

Lebih lanjut kata Hasanuddin, ular itu kini sudah dibawa ke posko Damkar Makassar. Pihak damkar sementara berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk penanganan reptil ini.

Damkar mengimbau, agar masyarakat selalu waspada dengan kemunculan hewan mau pun bentuk kejadian lain di musim hujan seperti ini. Terlebih karena banjir merendam pemukiman warga.



Kecamatan Tamalate, adalah satu dari enam kecamatan terdampak parah banjir di Makassar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mencatat, sebanyak 3.206 orang terdampak.

Mereka berasal dari enam kecamatan. Selain Tamalate, warga terdampak banjir di Panakkukang, Rappocini, Manggala, Tamalanre, dan terpara adalah di Biringkanaya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3397 seconds (0.1#10.140)