DPK Lutim Ajak Pengelola Perpustakaan Desa Lebih Kreatif Dorong Minat Baca

Kamis, 09 Desember 2021 - 09:52 WIB
loading...
DPK Lutim Ajak Pengelola Perpustakaan Desa Lebih Kreatif Dorong Minat Baca
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luwu Timur (Lutim), Satri. Foto: Istimewa
A A A
LUWU TIMUR - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Satri mengajak pengelola perpustakaan desa untuk berpikir strategis dan kreatif guna menarik minat masyarakat datang ke perpustakaan di desa.

Menurutnya, DPK Lutim telah menjalankan beberapa program kerja dalam meningkatkan minat baca . Di antaranya Layanan Peminjaman Buku (Sirkulasi) untuk masyarakat umum dan pelajar, hingga Perpustakaan Keliling.

Lalu ada juga program Pekan Perpustakaan dengan menggelar Lomba, serta menciptakan lingkungan dan suasana yang nyaman dan menarik dengan menyediakan Taman Baca, Kedai Baca dan Wifi.



"Semua harus berperan untuk meningkatkan minat literasi, semua fasilitas penunjang harus disediakan, termasuk salah satunya menciptakan lingkungan dan suasana yang nyaman dan menarik," katanya.

"Budaya membaca merupakan hal yang sangat penting untuk membantu sebuah negara ataupun daerah menjadi lebih maju dan berkembang, sehingga meningkatkan minat literasi penting untuk dilakukan," tambah Satri.

Satri juga berharap agar Pengelola Perpustakaan bisa menjalin kerja sama dengan penggiat literasi dalam hal sosialisasi dan bedah buku dengan bermitra. Pengelola perpustakaan dapat memanfaatkan kerja sama tersebut untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)