Astra Motor Sulsel Berbagi Tips Cara Aman Berkendara saat Musim Hujan

Kamis, 09 Desember 2021 - 16:33 WIB
loading...
Astra Motor Sulsel Berbagi Tips Cara Aman Berkendara saat Musim Hujan
Astra Motor Sulsel membagikan tips aman berkendara saat musim hujan. Foto: Humas Asmo Sulsel
A A A
MAKASSAR - Musim hujan dengan intensitas yang cukup tinggi membuat pengendara sepeda motor harus lebih waspada saat berkendara. Astra Motor Sulsel melalui safety riding instructornya, membagikan tips aman berkendara saat musim hujan.

Safety Riding Instructor Asmo Sulsel , Abdul Kadir menjelaskan, berkendarasepeda motor di musim hujan adalah aktivitas yang memiliki potensi bahaya cukup tinggi. Mulai dari jarak pandang yang berkurang, jalanan licin, maupun angin kencang yang menerpa.

, di mana risiko dalamperjalanan akan bertambah, baik itu risiko akibat jalan yang licin, jalan yangdigenangi air dan risiko lainya yang muncul di saat musim hujan.

Ketiga, penggunaan helm dan jaket.Selain menjadi aturan dalam berkendara roda 2sesuai UU no 22 tahun 2009 pasal 57, helm merupakan alat keselamatan untuk melindung kepala dari benturan ketika jatuh. Apalagi, saat hujan di mana kondisi jalan yang licin membuat resiko terjatuh lebih besar. Begitupun dengan jaket, yang berfungsi agar pengendara tidak merasakan kedinginan.

Empat, patuhi rambu lalu lintas. Menurut Kadir, rambu lalu lintas menjadi salah satu alat bantu untuk pengendara
dalam hal memprediksi bahaya, sehingga pengendara dapat mengantisipasi bahayasecara dini agar terhindar dari bahaya.

Baca juga:Grab dan Astra Motor Sulsel Kolaborasi Hadirkan GrabBike 150

Terakhir, persiapkan surat-surat berkendara. Takdir bilang, surat-surat kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK, disimpan di tempat yang sering melekat di badan kita ketika kita beraktivitas. Contohnya bisa disimpan di dalam dompet.

"Selain itu, penting untuk rutin cek tanggal masa berlaku surat agar tidak melanggar ketentuan dari pihak berwajib," pungkas Takdir.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)