Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Terserang Penyakit di Musim Hujan

Senin, 13 Desember 2021 - 08:32 WIB
loading...
Lakukan 5 Hal Ini untuk Mencegah Terserang Penyakit di Musim Hujan
Pada musim hujan, potensi terserang penyakit meningkat berkali lipat karena bakteri dan virus yang berkembang lebih aktif. Foto: Muchtamir Zaide
A A A
JAKARTA - Pada musim hujan , potensi terserang penyakit meningkat berkali lipat karena bakteri dan virus yang berkembang lebih aktif. Kondisi itu juga diperparah dengan pandemi Covid-19.

Walau demikian, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan, sebab beberapa penyakit yang datang selama musim hujan masih dapat dicegah. Merangkum dari laman Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta, @dkijakarta, Jumat (10/12/2021), berikut tips mencegah serangan penyakit di musim hujan.

1. Perkuat daya tahan tubuh

Imun yang kuat membuat tubuh mampu melawan berbagai kuman dan virus penyebab infeksi atau penyakit. Perkuat imunitas tubuh dengan konsumsi makanan bergizi dan kaya antioksidan seperti buah dan sayuran serta istirahat cukup.



2. Olahraga teratur

Jangan jadikan musim hujan sebagai penghalang. Olahraga juga bisa dilakukan dalam rumah seperti lompat tali, yoga, push-up, dan sit-up. Lakukan hal ini rutin minimal 30 menit setiap harinya minimal 3 kali seminggu. Jangan lupa pemanasan sebelum dan pendinginan untuk cegah kram otot.

3. Jaga kebersihan

Rutin cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan toilet, atau setelah menyentuh benda kotor. Jika mau memasak, pastikan bahan makanan dan peralatan memasak sudah dicuci bersih. Jika di luar rumah, hindari kerumunan, pakai masker dan selalu jaga jarak fisik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)