Penantang Petahana di Toraja Utara Yakin Diusung 4 Parpol

Senin, 08 Juni 2020 - 21:05 WIB
loading...
Penantang Petahana di Toraja Utara Yakin Diusung 4 Parpol
Yohanis Bassang alias Ombas yakin diusung empat parpol, termasuk Demokrat guna menantang petahana di Pilkada Toraja Utara. Foto/SINDOnews/Muhaimin Sunusi
A A A
MAKASSAR - Bakal Calon Bupati Toraja Utara (Torut), Yohanis Bassang alias Ombas sangat yakin bisa diusung oleh empat partai politik (parpol) sekaligus. Menurutnya, semakin banyak parpol maka peluang kemenangan juga besar pada Pilkada Torut 2020 .

Mantan Wakil Bupati Mimika ini diketahui akan menghadapi dua petahana sekaligus yakni Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang. Bupati dan Wakil Bupati Torut itu diketahui pecah kongsi dan akan berlawanan.

Adapun empat partai yang dimaksud Ombas adalah Golkar (5), Gerindra (4), Hanura (3) dan Demokrat (4). Dia optimis keempat partai ini bisa berkoalisi untuk mengusungnya di Pilkada Torut 2020 .

Baca Juga: Eks Wabup Mimika Ramaikan Pilkada Toraja Utara 2020

Andai koalisi empat parpol ini terbangun, maka total kursi Ombas yakni 16 kursi. Jumlah ini sedianya sudah lebih dari cukup untuk maju di Pilkada Torut 2020. Dikarenakan syarat minimal pasangan calon hanya enam kursi.

"Kalau surat (rekomendasi) Golkar kan kita sudah kantongi, Gerindra on proses. Hanura ini sementara kita masih komunikasi, Demokrat juga kita ikut semua tahapan," kata Ombas usai mengikuti fit and proper test DPD Demokrat di Hotel Claro, Senin (8/6) kemarin.

Ombas mengklaim jika diusung empat partai maka tak sulit baginya untuk menang. Sekali pun Ombas akan menghadapi dua petahana sekaligus yakni Kalatiku Paembonan dan Yosia Rinto Kadang.

Baca Juga: Ketua Golkar Toraja Utara Tunggu Instruksi Partai

"Kami sangat optimis bisa menang. Kami juga tak masalah dengan inkumben. Apalagi jika kami diusung empat partai, maka tidak ada alasan bagi kami untuk kalah," jelasnya.

Sekretaris DPD Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin, tak menepis bahwa nama Ombas masuk dalam pertimbangan kandidat yang akan diusung. Terlebih Wawan-sapaan akrabnya, mengklaim bahwa pihaknya juga terus membangun komunikasi dengan Ombas.

"Kami juga sudah membangun komitmen lah. Ada komitmen politik yang kita sepakati. Tapi nanti kita lihat, siapa yang benar-benar bisa membawa nama Gerindra besar di daerah," sebut Wakil Ketua DPRD Sulsel tersebut.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)