Wakil Presiden Direktur PT Vale Bagikan Ilmu Kepemimpinan untuk Kasek di Lutim

Selasa, 14 Desember 2021 - 08:53 WIB
loading...
Wakil Presiden Direktur PT Vale Bagikan Ilmu Kepemimpinan untuk Kasek di Lutim
Wakil Presiden Direktur PT Vale bagikan ilmu kepemimpinan kepada para kepala sekolah lingkup Kabupaten Luwu Timur. Foto: Dok PT Vale Indonesia
A A A
MALILI - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu realisasi kerja sama tersebut berupa pelaksanaan sesi sharing mengenai seni kepemimpinan dan keterampilan manajerial dari Manajemen PT Vale kepada kepala sekolah (kasek) tingkat SD, SMP, dan SMA se-Luwu Timur.

Acara ini berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Luwu Timur , Senin (13/12/2021) kemarin. Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia Tbk , Adriansyah Chaniago, hadir menjadi keynote speaker pada kegiatan tersebut.

Adriansyah membawakan materi sharing session leadership. Bupati Luwu Timur , Budiman, turut hadir memberikan sambutan pada kegiatan tersebut secara virtual.



Menurut Adriansyah, leader berbeda dengan manajer. Leader memiliki perspektif jangka panjang, menerjemahkan visi organisasi, berpikir strategis, memberikan dukungan dan arahan, menantang dan suka tantangan, mempunyai energi untuk memotivasi, menjadi agen perubahan dan memiliki pengetahuan tentang bidang yang dipimpinnya.

“Leaders tidak menciptakan followers, tapi juga sanggup menciptakan leaders lagi” ujarnya.

Adriansyah menuturkan team adalah sekumpulan orang-orang yang sudah sadar akan misinya, dan berkomitmen untuk bekerjasama. Kasek sebagai leader harus bisa membentuk tim yang berkomitmen terhadap visi dan misi yang sama.

“Kepala sekolah merupakan leader yang turut bertanggung jawab membentuk generasi masa depan. Apalagi fokus saat ini adalah fungsi manajerial, supervisi, dan pengembangan kewirausahaan. Karena itu, penting untuk mengasah jiwa kepemimpinan agar dapat mengelola sekolah sesuai perkembangan zaman,” paparnya.

Lebih jauh, Adriansyah menekankan pentingnya menjadi leader yang berperan sebagai agen perubahan, serta mampu mencetak pemimpin-pemimpin baru secara berkelanjutan.

Sementara itu, Bupati Luwu Timur Budiman, mengapresiasi kepedulian dan komitmen PT Vale Indonesia dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan, khususnya di Luwu Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)