Gempa di NTT, BMKG Minta 21 Daerah Terdampak Evakuasi Termasuk Sulsel

Selasa, 14 Desember 2021 - 12:38 WIB
loading...
Gempa di NTT, BMKG Minta 21 Daerah Terdampak Evakuasi Termasuk Sulsel
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MBKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah wilayah, setelah terjadi gempa M 7,5 di NTT. Foto: Sindonews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MBKG) mengeluarkan peringatan dini tsunami di sejumlah wilayah. Pemerintah daerah terdampak diminta awas dan melalukan evakuasi secara menyeluruh.

Diketahui, gempa dengan magnitudo 7,5 terjadi di perairan Larantuka, Nusa Tenggara Timur (NTT) sekitar pukul 11.20 Wita, Selasa (14/12/2021). Gempa tersebut terasa di sejumlah wilayah di Sulsel.



Akibat gempa ini, ada 14 daerah yang masuk dalam status siaga tsunami. Yakni Selayar (Sulsel), Pulau Ende (NTT), Flores-timur Bagian Utara (NTT), Pulau Sikka (NTT), Sikka Bagian Utara (NTT), Ende Bagian Utara (NTT), Pula Lembata (NTT), Flores-timur Pula Adonara (NTT), Manggarai Bagian Utara (NTT), Nada Bagian Utara (NTT), Lembata Bagian Utara (NTT), Buton (Sultra), dan Alor Bagian Utara (NTT), Bombana (Sultra).

Sementara itu ada 7 daerah yang masuk status waspada yakni Manggarai-barat Bagian Utara (NTT), Wakatobi (Sultra), Bima Pulau Gili (NTB), Maluku-tenggara-barat-P.wetar (Maluku), Dompu Bagian Utara (NTB), Bulukumba (Sulsel), Kendari Pula Watulumango (Sultra).

“Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi ,” tulis BMKG dalam peringatan dininya.

“Pemerintah Provinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai,” lanjut peringatan tersebut.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0276 seconds (0.1#10.140)