Senpi Diduga Peninggalan Pasukan Kahar Muzakkar Ditemukan di Gunung Lakawan

Senin, 08 Juni 2020 - 22:00 WIB
loading...
Senpi Diduga Peninggalan Pasukan Kahar Muzakkar Ditemukan di Gunung Lakawan
Aparat memperlihatkan senjata api laras panjang dan amunisi puluhan peluru yang ditemukan di Gunung Lakawan. Foto/SINDOnews/Aris Bafauzi
A A A
ENREKANG - Tim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan senjata api (senpi) laras panjang beserta amunisi berupa 38 peluru di Gunung Lakawan, Kabupaten Enrekang, Sulsel pada Senin (8/6/2020). Senpi dan amunisi itu ditemukan pada sebuah gua yang ada di sisi gunung tersebut.

Belum diketahui pasti pemilik senpi dan amunisi tersebut. Namun, diduga senjata tersebut merupakan peninggalan pasukan Kahar Muzakkar. Terlebih, Kabupaten Enrekang memang diketahui merupakan basis perlawanan dari pasukan Kahar Muzakkar.

"Kami menyisiri Gunung Lakawan dan bersama TNI kita temukan dan langsung amankan senjata api laras panjang dengan peluru," ujar salah seorang Anggota Reskrim Polres Enrekang , Risman, yang turut ikut dalam tim gabungan TNI-Polri ke Gunung Lakawan.

Baca Juga: Miliki Sabu, Mantan Ketua DPRD Enrekang Ditangkap

Saat ini, lanjut Risman, senpi dan amunisi tersebut sudah diamankan di Markas Polres Enrekang untuk diteliti lebih lanjut. Senpi itu sendiri tampak sudah mulai rusak dimakan usia. Kepolisian sendiri juga menduga senpi dan amunisi itu peninggalan bekas pasukan Kahar Muzakkar.

Pemerhati sejarah Massenrempulu Enrekang, Naim Arkananta, berpendapat senpi dan amunisi yang ditemukan di Gunung Lakawan bisa jadi milik dari pasukan Kahar Muzakkar. Toh, daerah itu dulunya merupakan basis salah satu orang kepercayaan Kahar Muzakkar.

"Bisa jadi, daerah penemuan senjata kan dulu menjadi basis salah satu orang kepercayaan Kahar Muzakkar di Enrekang," tandasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4255 seconds (0.1#10.140)