Pembangunan Jembatan Penghubung Belawa-Tanasitolo Jadi Prioritas di 2022

Rabu, 15 Desember 2021 - 17:20 WIB
loading...
Pembangunan Jembatan Penghubung Belawa-Tanasitolo Jadi Prioritas di 2022
Pembangunan jembatan penghubung Belawa-Tanasitolo jadi prioritas Pemkab Wajo. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo akan memprioritaskan pembangunan jembatan ruas Macero-Ujung Kessi pada tahun 2022. Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Tanasitolo dan Belawa itu, dapat mempersingkat perjalanan masyarakat menuju Kota Sengkang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Wajo, Andi Pameneri mengatakan, pembangunan ruas jalan Macero-Ujung Kessi dilakukan bertahap. Tahun 2021, ruas menghubungkan dua kecamatan itu disuntik Rp16.896.250.000 dari APBD, untuk membangun akses jalan sepanjang 13.300 meter (m) dan lebar 4,5 m.

Baca Juga: Pemkab Wajo
"Kita sudah alokasi anggaran Rp14,5 miliar untuk rencana pembangunan jembatan beton untuk mengganti jembatan gantung Soreanglopie, Kelurahan Macero," ujarnya kepada SINDOnews, Rabu (15/12).

Adapun panjang jembatan beton, kata Pameneri yakni 80 meter, disesuaikan dengan lebar bentang Sungai Bila di Soreanglopie, Kelurahan Macero. Sedangkan lebar jembatan 6 meter.

Baca Juga: pembangunan jembatan
Sementara itu Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, jembatan gantung Soreanglopie nantinya akan dipindahkan ke Tancung Purai, Desa Lemporilau.

Baca juga:Bupati Wajo Terima Penghargaan dari KASN Atas Implementasi Sistem Merit

Jembatan itu diharap bisa memudahkan akses warga setempat ke Dusun Larukateo, Kecamatan Belawa, serta dapat mendongkrak prekonomiam di wilayah Kecamatan Belawa dan sekitarnya.

"Di tahun 2021 jalan di ruas tersebut sudah kita perbaiki, sisa jembatan penghubung yang akan dibangun di tahun 2022. Kami juga berharap dengan akses tersebut perekonomian serta harga jual beli hasil pertanian dapat meningkat," pungkasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1196 seconds (0.1#10.140)