KBA SMPN 5 Makassar Gelar Seminar Nasional, Ketua DPD RI Jadi Keynote Speaker

Kamis, 16 Desember 2021 - 09:31 WIB
loading...
KBA SMPN 5 Makassar Gelar Seminar Nasional, Ketua DPD RI Jadi Keynote Speaker
Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti tampil secara virtual menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional yang digelar KBA SMPN 5 Makassar di Hotel Claro Makassar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Kota Makassar menggelar seminar nasional di Hotel Claro, Kamis (16/12/2021). Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mattalitti, tampil sebagai keynote speaker secara virtual. Kegiatan itu sendiri dihadiri sejumlah pimpinan lembaga dan perguruan tinggi lingkup Provinsi Sulsel dan Kota Makassar.

Dalam seminar nasional bertema 'Makassar Recovery Toward The World City' itu, La Nyalla membahas upaya yang perlu dilakukan, termasuk syarat-syarat daerah menuju kota dunia . Ia mendorong Kota Makassar menjadi kota dunia, namun tentunya harus memastikan konsepnya terlebih dahulu dan memenuhi berbagai persyaratan.

"Membangun kota dunia butuh perencanaan matang dan perlu dipersiapkan dengan baik," kata La Nyalla.



Menurut dia, syarat mutlak yang harus dipenuhi sebuah daerah menjadi kota dunia adalah keamanan, kestabilan politik dan pertumbuhan ekonomi yang terjaga. Di samping itu, pemerintahannya harus dikelola dengan bersih dan patuh hukum. Tidak kalah penting, harus bebas banjir.

"Tools-nya smart city, karena itu bagian yang tidak terpisahkan dari kota dunia ," ungkapnya.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Imran Jauzi, mewakili Plt Gubernur menyampaikan apresiasi dan mendukung pelaksanaan seminar nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Temu Nasional KBA SMPN 5 Makassar . Terlebih, kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah tokoh penting, seperti Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti dan para pimpinan lembaga dan perguruan tinggi.

Ia menjelaskan soal tema kota dunia dalam seminar nasional pun patut sangat menarik. Diharapkan melalui seminar tersebut, muncul ide dan gagasan mewujudkan Kota Daeng yang lebih baik. "Sebagai ibu kota provinsi (Sulsel), Makassar punya banyak keistimewaan, baik sebagai pusat pemerintahan maupun pusat ekonomi," terangnya.

Sementara itu, Ketua KBA SMPN 5 Makassar , Chaerul Amir, menyampaikan seminar nasional ini merupakan salah satu rangkaian Temu Nasional KBA SMPN 5 Makassar. Sederet kegiatan telah dan masih akan dilakukan. Adapun salah satu kegiatan yang telah terselanggara ada penanaman 30.000 pohon di seluruh RT/RW lingkup Makassar.

"Kami ingin KBA menjadi organisasi yang tidak sekadar berkumpul, tapi bisa berbuat dan memberikan manfaat," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)