Yayasan Hadji Kalla Sosialisasi Tanggap Bencana Kebakaran

Selasa, 21 Desember 2021 - 17:24 WIB
loading...
Yayasan Hadji Kalla Sosialisasi Tanggap Bencana Kebakaran
Masyarakat menyimak penjelasan dari petugas Pemadam Kebakaran pada sosialisasi dan simulasi tanggap bencana kebakaran, Selasa (21/12). Foto: Humas Yayasan Hadji Kalla
A A A
MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla bekerja sama dengan BPBD Kota Makassar, Dinas Pemadam Kebakaran, Kantor PLN Wilayah Sulsel, dan Lembaga Inovasi Ketahanan Komunitas menggelar sosialisasi dan simulasi tanggap bencana kebakaran.

Kegiatan ini dihelat pada tanggal 20-21 Desember 2021 di Kelurahan Minasa Upa Makassar. Kegiatan melibatkan perwakilan masyarakat dari Kecamatan Rappocini dan Mariso, Kota Makassar.

Baca Juga: Yayasan Hadji Kalla
Ia mengatakan, penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun membutuhkan dukungan dan peran serta organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan masyarakat.

“BPBD Makassar dan Dinas Pemadam Kebakaran mencatat kejadian kebakaran di Kota Makassar, dari Januari hingga Desember 2021, mencapai 133 kejadian dengan kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp21,7 miliar. Frekuensi kebakaran yang cukup tinggi ini tentunya menjadi pembelajaran untuk mewaspadai ancaman tersebut dengan strategi
mitigasi dengan sosialisasi serta edukasi penanggulangannya,” pungkas Hidayat.

Baca Juga: Yayasan Hadji Kalla
“Kegiatan yang saat ini kami selenggarakan bersama mitra kerja NGO Yayasan INANTA (Inovasi Ketahanan Komunitas), kiranya dapat memberikan kontribusi bagi penanggulanganbencana di Kota Makassar. Melalui pelatihan dan simulasi tanggap bencana kebakaran ini juga dapat mengedukasi serta mendesiminasi praktek penanggulangan ancaman kebakaran di lingkungan masyarakat," ungkapnya.

Sementara itu, Imran salah seorang warga yang menjadi peserta mengaku antusias ikut dalam kegiatan ini. Ia dan warga lainnya mengaku banyak belajar tentang berbagai teori sederhana dalam pencegahan bencana pemukiman seperti kebakaran.

“Tentu kita antusias, kita semua bisa dapat ilmu, terlebih tadi pemateri dari tim PLN Kota Makassar yang memberikan kami penjelasan tentang cara-cara mencegah korsleting listrik sehingga kita bisa terhindar dari bencana kebakaran”, ujarnya.

Baca juga:Yayasan Hadji Kalla Berdayakan Komoditas Lokal Kopi Boneposi

Rangkaian sosialisasi ini berlangsung dua hari, dimulai dengan pemberian materi dan dilanjutkan dengan simulasi tanggap kebakaran di hari kedua. Kegiatan ini difasilitasi Welem Salasa-NGO Inanta dan Ahmad Syarif-PMI Sulsel.

Sedangkan sejumlah Trainer menyajikanmateri class meeting dan simulasi/drill, di antaranya Calvein dari PLN Wilayah, Fauzan -PMI Kota, Abd Gafur dan Cakrawala dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar yang juga menurunkan kendaraan Damkar dan personel untuk simulasi.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7075 seconds (0.1#10.140)