TOPIK TERPOPULER

Maskapai Kini Diizinkan Angkut Penumpang dengan Kapasitas 70 Persen

iNews.id
Maskapai Kini Diizinkan Angkut Penumpang dengan Kapasitas 70 Persen
Maskapai penerbangan sudah dapat izin untuk mengangkut penumpang dengan kapasitas 70 persen jumlah penumpang. Foto: Sindonews/Maman Sukirman

JAKARTA - Kementerian Perhubungan, kini memberikan izin kepada seluruh maskapai untuk mengangkut hingga 70 persen penumpang untuk setiap pesawat.

Awalnya, maskapai hanya diperbolehkan mengangkut 50 persen dari kapasitas kursi pesawat untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kenaikan kapasitas angkut itu dituangkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 41 tahun 2020 yang merupakan revisi atas Permenhub 18/2020.

Baca Juga: Kemenhub Optimalkan Tol Laut di Masa New Normal

Dalam aturan baru, pesawat layanan berjadwal tipe jet, baik besar maupun kecil, boleh mengangkut hingga 70 persen.

“Sudah kita ubah, di Permenhub Nomor 18 kan kapasitas penumpang maksimal 50 persen, sekarang kita melihat bahwa ada kemajuan yang berarti dalam menjaga protokol kesehatan. Sekarang untuk pesawat berbadan lebar dan sedang atau kecil sudah bisa angkut 70 persen,” ujarnya, Selasa (9/6/2020).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan, aturan ini juga sudah dituangkan dalam petunjuk yang lebih teknis lewat Surat Edaran (SE) Dirjen Perhubungan Udara No. 30 Tahun 2020.



Revisi aturan tersebut diteken oleh Menhub, Senin (8/6/2020) dan berlaku saat itu juga. Dia mengingatkan maskapai tetap menerapkan jaga jarak (physical distancing) pada kursi pesawat.

Baca Juga: AirNav Uji Coba Prosedur Baru, Efisiensi Biaya Operasional Maskapai Dihitung



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!