TOPIK TERPOPULER

Bangkitkan Semangat Siswa, Kepsek di Wilayah Pulau Pangkep Terapkan TGT

Muhammad Subhan
Bangkitkan Semangat Siswa, Kepsek di Wilayah Pulau Pangkep Terapkan TGT
Siswa SDN 13 Pulau Gondong Bali Pangkep mengikuti pembelajaran dengan metode Teams Games Tounament (TGT). Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Metode belajar mengajar sejumlah sekolah di wilayah kepulauan Kabupaten Pangkep masih menganut pola lama, di mana semuanya tersentral pada peran guru. Kondisi ini membuat siswa menjadi pasif dan kelas pun membosankan.

Metode pembelajaran yang seperti ini, juga diklaim menjadi penyebab kualitas pendidikan di Pangkep, tidak merata antara wilayah daratan dan kepulauan.

Baca juga: 27 Kades di Takalar Dilantik, Realisasi Vaksinasi dan PEN Jadi Tugas Khusus

Hal ini dikemukanan Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 13 Pulau Gondong Bali Pangkep, Syamsinar. Menurutnya, proses belajar mengajar juga masih mengarahkan siswa untuk mengingat, tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh dan menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Syamsinar yang baru diangkat sebagai Kepsek beberapa waktu lalu ini mengatakan, dari pengamatannya, selain proses belajar yang terpusat pada guru, juga jarang dilakukan kegiatan yang memotivasi siswa untuk belajar, seperti diselipkan kegiatan permainan dalam proses pembelajaran.

Guru kata dia juga cenderung enggan melaksanakan kegiatan permainan dalam proses pembelajaran karena menganggap hanya akan menyita banyak waktu, sehingga materi tidak akan terselesaikan.

Baca juga: Penumpang Bandara Sultan Hasanuddin Mulai Meningkat Jelang Natal

"Hasil pemantauan di kelas selama proses pembelajaran tampak kefasihan dalam membaca kurang lancar, pelafalan, dan intonasi dalam membaca belum tepat. Hal itu menunjukkan siswa kurang memiliki minat dalam membaca. Selain itu, siswa cenderung pasif dan cepat merasa bosan dalam pembelajaran. Sebagian besar siswa juga kesulitan dalam menjelaskan kembali isi bacaan yang telah mereka pelajari," ucapnya, Rabu (22/12).

Untuk itu, ia menerapkan metode belajar Teams Games Tournament (TGT). Dalam metode ini, guru dituntut lebih berinovasi dalam pembelajaran, baik di kelas maupun lingkungan lainnya dengan cara memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran, yang dirasa tepat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

Penggunaan media pembelajaran seperti permainan juga disarankan agar dapat membantu proses belajar mengajar sehingga memiliki kebermaknaan yang lebih kepada siswa.

Baca juga: Antisipasi Varian Omicron, Indah Minta Masyarakat Tetap Memakai Masker

"Siswa agar mampu belajar mandiri, mengeksplorasi diri sendiri, mampu berpikir kreatif dan agar meningkatkan keaktifannya lagi dalam pembelajaran, sehingga nantinya dapat meningkatkan hasil belajar dan lebih banyak menemukan dan mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru," kata Syamsinar.

Ia berharap, tenaga pendidik mampu menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran TGT dengan baik, sehingga ketika terjun ke lapangan mempunyai wawasan, pengalaman, dan kemampuan mengembangkan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan dan pemahaman siswa.





(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!