Pelindo Komitmen Ciptakan Operasional Pelabuhan Bebas Pungli

Rabu, 29 Desember 2021 - 13:01 WIB
loading...
Pelindo Komitmen Ciptakan Operasional Pelabuhan Bebas Pungli
PT Pelindo Regional IV terus bertekad mewujudkan operasional pelabuhan yang bersih dan bebas pungutan liar (pungli). Foto: Sindonews/Andi Nur Isman
A A A
MAKASSAR - PT Pelindo Regional IV terus bertekad mewujudkan operasional pelabuhan yang bersih dan bebas pungutan liar (pungli). Mereka menggandeng insan maritim melalui pakta integritas bersama.

Penandatanganan pakta integritas tersebut berlangsung secara hybrid melalui aplikasi zoom video conference dan dilakukan serentak bersama dengan Pelindo Regional I di Medan, Regional II di Jakarta, Regional III di Surabaya, dan Regional IV yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo di Makassar, Selasa (28/12/2021).



Komitmen ini dihadiri pimpinan instansi di lingkungan Pelabuhan Makassar yang juga ikut menandatangani, yakni Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar Ghoefron Koerniawan, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Brigjen Pol Capt Hermanta, Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Makassar Laksamana Pertama TNI Benny Sukandari,

Kemudian ada juga Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim, Kepala Kantor Bea Cukai Makassar Andhi Pramono, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Makassar Agus Winarto, Kepala Balai Karantina Pertanian Makassar Lutfie Natsir, dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar Muhammad Haskar Hasan.

Selain itu, juga ada asosiasi yang mendukung dan ikut menandatangani pakta integritas yaitu, Ketua DPC INSA Makassar Capt Zulkifli Syahril, Ketua Umum DPW ALFI/ILFA Sulselbar Syaifuddin Syahrudi, Ketua DPD GPEI Sulselbar, Arief R. Pabettingi, dan Ketua Umum DPD GINSI Sulsel Abidin Renreng.

Turut hadir dan menandatangani pakta integritas, Regional Head 4 Pelindo Dwi Rahmad Toto, General Manager (GM) Pelindo Regional IV Makassar Enriany Muis, GM Pelindo Regional IV Terminal Petikemas Makassar Dameanto Pangaribuan, dan GM Pelindo Regional IV Makassar New Port Kalbar Yanto.

Dalam pakta integritas ini, ditekankan bahwa berjanji akan melaksanakan tugas secara bersih, transparan dan profesional dalam arti akan mengerahkan segala kemampuan dan sumber daya secara optimal untuk memberikan hasil kerja terbaik.

Direktur Strategi Pelindo Prasetyo mengatakan, penandatanganan pakta integritas ini bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi dan hal-hal yang bertentangan dengan integritas, serta untuk dapat mewujudkan pelayanan operasional pelabuhan yang bebas, bersih, profesional dan efisien.

“Sehingga tujuan pemerintah untuk lebih bersaing terkait dengan logistic cost dengan negara-negara tetangga kita, dan juga meningkatkan logistik performance index Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara di Asean dan juga di Asia bisa terwujud,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)