Gol tunggal Karagounis singkirkan Rusia

Minggu, 17 Juni 2012 - 04:37 WIB
Gol tunggal Karagounis singkirkan Rusia
Gol tunggal Karagounis singkirkan Rusia
A A A
Sindonews.com - Tim nasional Yunani secara mengejutkan berhasil menaklukan Rusia dengan skor 1-0 di laga terakhir babak penyisihan Grup A, Piala Eropa 2012, dini hari tadi. Kemenangan ini sekaligus menyingkirkan Rusia dan membawa tim besutan Fernando Santos, melangkah ke babak fase knockout Piala Eropa 2012.

Laga Yunani kontra Rusia sendiri berjalan seru dan menegangkan sepanjang pertandingan.Pahlawan kemenangan tim berjuluk seribu dewa itu adalah kapten Giorgos Karagounis .

Golnya terjadi menjelang babak pertama akan berakhir. Tapi patut disayangkan, Karagounis sendiri dipastikan tidak dapat tampil di babak perempatfinal, karena mendapat akumulasi kartu kuning pada laga tersebut.

Saat wasit meniupkan pluit akhir babak kedua. Sontak seluruh penggawa Yunani berpesta pora menyambut kemenangan mereka setelah lolos dari lubang jarum Grup A. Di sisi lain, tampak para pemain Rusia tertunduk lesu dan tidak mempercayai mereka harus menelan kenyataan pahit ini.

Sejak awal pertandingan sebenarnya Rusia mampu mendominasi jalannya pertandingan. Terbukti memasuki menit kesembilan tendangan keras Andriy Arshavin usai menerima umpan Alan Dragoev masih bisa diblok kiper Yunani Michalis Sifakis.

Dua menit kemudian striker Rusia Aleksandr Kerzhakov mengancam pertahanan Yunani, lewat tendangan keras dari luar kotak penalti . Namun masih melebartipis disisi kanan gawang Yunani.

Rusia terus menekan, kali initendangan lemah Dragoev masih bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Yunani, Sifakis. Asik menyerang membuat Rusia melupakan lini pertahanan mereka.

Melalui serangan balik nan cepat. Solo run Karagounis kedalam kotak penalti Rusia, membuat penyerang gaek itu kemudian melepaskan tendangan yang tidak bisa diantisipasi oleh Malafeev. Skor pun berubah 1-0 untuk keunggulan Yunani hingga turun minum.

Memasuki babak kedua tim beruang merah julukan Rusia tidak menggendurkan serangan. Demi menajamkan sektor serangan pelatih Rusia Dick Advocaat memasukan striker Roman Pavlychenko mengantikan Rusia Aleksandr Kerzhakov.

Pada menit ke-53 Roman Shirokov menebar ancaman melalui tendangan keras jarak jauhnya. Tapi sayang masih tipis di atas mistar gawang Yunani. Empat menit kemudian Rusia nyaris menyamakan kedudukan. Namun sepakan Igor Denilsov masih melebar tipis.

Yunani bukan tanpa peluang di babak kedua. Melalui aksi Vaslis Torosidis yang menyisir sisi kanan pertahanan Rusia. Tetapi umpan akurat ke jantung pertahanan Rusia masih bisa dihalau dengan sigap oleh bek Rusia.

Yunani kembali memperoleh kesempatan memperbesar keunggulan, melalui tendangan bebas Giorgos Tzavelas tetapi masih membentur tiang gawang Rusia. Di sisa babak kedua Rusia berusaha terus menyamakan kedudukan.

Usaha striker Dzargoev melalui sundulan juga masih belum tepat menemui sasaran. Sundulannya masih tipis disisi kiri gawang Yunani. Dewi fortuna tampaknya belum berpihak kepada pasukan Dick Advocaat, karena sejumlah peluang yang di dapat Rusia gagal berbuah menjadi gol. Hingga peluit panjang di bunyikan skor 1-0 tidak berubah bagi kemenagan Yunani.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7209 seconds (0.1#10.140)