Dikira Pagar Kayu Tua, Ternyata Tengkorak Gajah Purba Berusia 15.000 Tahun

Rabu, 10 Juni 2020 - 01:00 WIB
loading...
Dikira Pagar Kayu Tua, Ternyata Tengkorak Gajah Purba Berusia 15.000 Tahun
Dikira pagar kayu tua, ternyata setelah digali justru ditemukan tengkorak Mammoth, hewan gajah purba yang bahkan telah berusia lebih 15.00 tahun. Foto : chirpstory/doc
A A A
MAKASSAR - Dikira pagar kayu tua, ternyata setelah digali justru ditemukan tengkorak Mammoth, hewan gajah purba yang bahkan telah berusia lebih 15.00 tahun.

Kejadian inilah yang dialami seorang petani kacang kedelai asal Michigan, Amerika Serikat, bernama James Bristle pada tahun 2015. Bermula saat James dan rekannya ingin membuat saluran pipa gas alam. Saat penggalian tanah dilakukan, cangkul yang mereka gunakan menghantam benda keras.

Baca : Ketika Pabrik Pestisida Berubah Menjadi Mesin Pembunuh, 15.000 Penduduk Tewas

Dilansir dari laman mongabay, awalnya, James mengira, benda tersebut merupakan pagar lapuk yang bengkok. Nemun, setelah diamati lebih saksama, mereka meyakini apa yang mereka temukan itu bukan kayu atau besi, melainkan tulang dinosaurus.

Kepastian terungkap setelah ilmuwan dari Universitas Michigan yang berkekuatan 15 orang melakukan penggalian. Hasilnya dipastikan, tulang tersebut adalah gading mammoth, bukan dinosaurus sebagaimana dugaan awal.

Dalam penggalian itu, sebanyak lima bagian tubuh mammoth berhasil diangkat. Bagian tersebut merupakan tengkorak, dua buah gading, beberapa tulang belakang, tulang panggul, dan dua buah bahu.

Baca Juga : Dulu di Amerika, Bayi dan Anak-anak Boleh Dikirim Lewat Pos

Berdasarkan hasil penelitian sementara, mammoth usia 40 tahun ini mati karena diburu. Sang pemburu sengaja menyembunyikan dan berharap suatu waktu akan mengambilnya kembali. Pada masa tersebut, manusia purba memburu mammoth untuk dimakan dagingnya dan memanfaatkan kulitnya yang tebal untuk menghangatkan tubuh.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)