MSIB Tahap 2 Dibuka Sampai 7 Januari, Mahasiswa Vokasi Diimbau Segera Daftar

Sabtu, 01 Januari 2022 - 15:21 WIB
loading...
MSIB Tahap 2 Dibuka Sampai 7 Januari, Mahasiswa Vokasi Diimbau Segera Daftar
Dirjen Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi) Kemendikbudristek Wikan Sakarinto. Foto/Dok/Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek melalui Ditjen Pendidikan Vokasi kembali membuka pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Tahap (Batch) 2 Tahun 2022. Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto menyatakan dukungannya terhadap program tersebut.

“Segeralah mendaftar! Kami Ditjen Vokasi sangat mendukung adanya program MSIB ini. Kita akan berjalan memasuki batch kedua dari MSIB. Mas Menteri merancang program ini juga tidak main-main untuk menyiapkan lulusan yang siap memimpin dunia,” katanya melalui siaran pers, Jumat (31/12/2021).



Untuk diketahui, pendaftaran Program MSIB mulai dibuka sejak 7 Desember 2021 sampai dengan 7 Januari 2022. Adapun keterbaruan pada MSIB Tahap 2, yakni adanya sistem penggabungan (blended) antara pendidikan tinggi vokasi dan pendidikan tinggi akademik dalam penerimaan mahasiswa MSIB.

“Tahun 2022 ini kita blended, jadi MSIB ini kita blended dengan pendidikan tinggi (dikti) sehingga (pelibatan) mahasiswa vokasi dan akademik berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Kalau 2021 itu berdasarkan kuota, jadi mahasiswa vokasi kuotanya sekian dan mahasiswa akademik kuotanya sekian,” ujarnya.

Dalam arahannya, Wikan juga menyampaikan agar pendidikan tinggi terus menggiatkan ketautsesuaian (link and match) dengan industri guna melahirkan lulusan-lulusan yang kompeten dan terampil sesuai dengan kebutuhan indusrti. Sehingga, lulusan vokasi dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.



“Kita membangun satu harapan untuk membangun dan benar-benar mengelola MSIB ini. Intinya kami mendorong kemitraan dengan industri, link and match ini harus terbentuk dengan kokoh dan terealisasi di lapangan,” tambahnya.

Dalam paparannya, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi, Beny Bandanajaya menambahkan tujuan diselenggarakannya MSIB ini yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM dan memberikan kesempatan pada mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus.

“MSIB ini adalah untuk meningkatkan nilai jual mahasiswa kita dan kami berharap semua pemangku kepentingan mendorong dan memberikan rekomendasi kepada mahasiwa untuk mendaftar ke MSIB,” imbau Beny.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)