Palopo Segara Miliki RMU untuk Hasilkan Beras Kualitas Premium

Kamis, 06 Januari 2022 - 17:47 WIB
loading...
Palopo Segara Miliki RMU untuk Hasilkan Beras Kualitas Premium
Kepala Dinas Pertanian Kota Palopo, Ibnu Hasyim. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Pemerintah Kota Palopo , segera menghadirkan pabrik beras skala menengah yakni, Rice Milling Union atau RMU berkapasitas 10 ton per 6 jam.

Kepala Dinas Pertanian Kota Palopo , Ibnu Hasyim, menyampaikan, RMU ini memiliki tehnologi tinggi dengan menghasilkan beras berkualitas premium.



"Insyaallah tahun depan Palopo sudah punya mesin RMU kapasitas 10 ton per 6 jam. Jadi per hari bisa kita olah atau menghasilkan beras hingga 20 ton," ujarnya.

Diakui Ibnu Hasyim, kapasitas RMU ini memang belum besar, namun keunggulan RMU yang akan dioperasikan di tahun ini menghasilkan beras kualitas premium . "Beras yang dihasilkan kualitas premium, ini keunggulan RMU kita nantinya," sambung Ibnu Hasyim.

Dengan difungsikannya RMU ini nanti, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Palopo. Dimana RMU ini akan memompa produksi beras di Kota Palopo dengan ditunjang harga yang lebih menguntungkan petani di Kota Palopo.

Bukan hanya itu, peningkatan mutu beras juga dapat terwujud. "Dan tidak kalah penting adalah, petani kita melakukan budaya benih dilanjutkan panen, pasca panen, pengolahan hasil, packaging hingga penentuan marketplace. Ini yang harus terus kembangkan guna memasarkan produksi hasil pertanian yang berdaya saing," ujar Ibnu Hasyim.

Untuk diketahui, luas lahan persawahan di Kota Palopo 1.574 hektare, dengan produksi gabah kering giling mencapai 17.585 ton. Hadirnya RMU di Kota Palopo ini nantinya pula diharapkan mampu membantu petani di kabupaten tetangga utamanya dari wilayah Walmas, Kabupaten Luwu.





Anggaran pembangunan RMU di Kota Palopo diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pertanian tahun 2022. Dimana Kota Palopo mendapat suntikan DAK sebesar Rp8,715 miliar.

Selain RMU, anggaran ini juga diperuntukan pembangunan jaringan tersier di 8 titik, rehab kantor BPP dan pembangunan jalan tani di 5 titik yakni Kecamatan Telluwanua dan Kecamatan Sendana serta air tanah dangkal 14 titik dan air tanah dalam 7 titik.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3011 seconds (0.1#10.140)