Gebrakan UMKM ala PT Vale Dorong Roda Ekonomi Kerakyatan

Kamis, 06 Januari 2022 - 21:26 WIB
loading...
Gebrakan UMKM ala PT Vale Dorong Roda Ekonomi Kerakyatan
PT Vale kembali menggaungkan Gebrakan UMKM lewat Bazar dan UMKM Expo di Kabupaten Luwu Timur pada 6-7 Januari 2022. Foto: Dok PT Vale Indonesia Tbk
A A A
MALILI - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kembali menggaungkan Gerakan Belanja Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah alias Gebrakan UMKM dalam upaya mendorong roda ekonomi kerakyatan. Inovasi tersebut juga bertujuan memperluas penetrasi pasar produk-produk UMKM binaan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale.

Gebrakan UMKM ala PT Vale sebenarnya telah diluncurkan pada 7 Februari 2021. Namun, demi mendorong ekonomi kerakyatan di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) , Gebrakan UMKM kembali dihidupkan melalui Bazar dan Expo Produk UMKM di Lapangan Karebosi Sorowako, Gedung Bantea, dan Baruga Collaboration Center secara serentak pada 6-7 Januari 2022.



Total ada 73 pelaku UMKM binaan PPM PT Vale yang tergabung dalam Asosiasi Mutiara Timur ikut berpartisipasi. Target pasarnya adalah seluruh masyarakat di Bumi Batara Guru. Produk UMKM yang diikutsertakan berasal dari sektor makanan dan minuman.

Adapun pelaksanaan UMKM Expo dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari pemberlakukan aturan wajib memakai masker bagi pemilik tenant maupun pengunjung, pengaturan jarak antar booth pameran, hingga penyediaan hand sanitizer di lokasi kegiatan. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan peserta KKN Tematik dari Universitas Andi Djemma Palopo.

Senior Manager Social Development Program PT Vale , Ardian Indra Putra, menjelaskan event ini bertujuan memberi kesempatan kepada para pelaku usaha untuk dapat memperkenalkan dan memasarkan produknya kepada masyarakat luas. Selain itu, diharapkan agar pebisnis rumahan dapat memanfaatkan kegiatan itu sebagai peluang untuk melakukan survei pasar, menggali masukan dari pengunjung, sekaligus jeli melihat peluang kerja sama.

"Program ini merupakan upaya perusahaan menciptakan shared value dengan memajukan aspek sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi,” kata Ardian, Kamis (6/1/2022).

Bazar dan Expo UMKM akan dimeriahkan pertunjukan live music dan aneka lomba untuk anak-anak. Selain berbelanja secara langsung saat event, konsumen juga bisa membeli produk lokal unggulan di Galeri Kareso, Sorowako, yang menyediakan lebih dari 100 jenis produk UMKM . Konsumen juga kini dapat berbelanja secara online melalui situs yang dikembangkan oleh Galeri Kareso.



Program pelatihan dan pembinaan UMKM melalui PPM PT Vale telah mengantarkan 30 produk makanan dan minuman dari 4 wilayah pemberdayaan perusahaan menembus pasar Makassar, Gowa, Maros, Toraja, Palopo, hingga Morowali. Selain itu, beberapa produk sedang dalam proses kerja sama dengan ritel modern Alfamart dan Alfamidi di wilayah Sulawesi Selatan, termasuk dengan hotel bintang tiga di Kota Makassar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4303 seconds (0.1#10.140)