Pastikan Program Berjalan Baik, Mentan SYL Berkunjung ke Sulsel

Minggu, 09 Januari 2022 - 11:43 WIB
loading...
Pastikan Program Berjalan Baik, Mentan SYL Berkunjung ke Sulsel
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulsel, Sabtu (8/1/2022). Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sabtu (8/1/2022).

Dalam kunjungannya ke lahan pertanaman jagung di Kecamatan Binamo, Mentan memastikan tidak ada kendala pada produktivitas jagung meski kondisi lahan masih berbatu.

" Jeneponto itu adalah bagian-bagian dari daerah yang mendapatkan perhatian khusus dari negara oleh Bapak Presiden karena income perkapita rakyat dan produktivitasnya menjadi ukuran. Oleh karena itu, tentu ini bagian dari booster yang harus diangkat," tutur Mentan SYL.

Diketahui, jagung juga merupakan salah satu komoditas strategis selain padi. Komoditas itu mempunyai peran penting dalam industri, baik itu sebagai bahan baku maupun pakan ternak.



Oleh karena itu, Karantina Pertanian Makassar mempunyai peran sebagai garda terdepan mencegah masuk dan menyebarnya Organisme Penggaggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Selain Jeneponto, Mentan juga melakukan kunjungan ke salah satu pabrik pakan ternak sekaligus produsen telur ayam ras di Kecamatan Kulo, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Tidak hanya sebagai salah satu lumbung beras di Sulsel, Sidrap juga merupakan sentra perniagaan telur di Sulsel. Oleh karena itu, Mentan juga ingin memastikan ketersediaan pasokan ayam serta telur dapat terus terjaga sepanjang tahun.

"Sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Kementerian Pertanian , Karantina Pertanian Makassar tidak hanya mencegah masuk dan tersebarnya OPTK dan HPHK tetapi juga mengekplorasi komoditas lain yang terdapat di Jeneponto dan Sidrap guna mendukung program Gratieks Kementan," jelas Kepala Karantina Pertanian Makassar, Lutfie.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4525 seconds (0.1#10.140)