BRI Siap Bantu Geliatkan Ekonomi Gowa di Sektor Pertanian dan Peternakan

Rabu, 10 Juni 2020 - 20:29 WIB
loading...
BRI Siap Bantu Geliatkan Ekonomi Gowa di Sektor Pertanian dan Peternakan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Pimpinan Cabang BRI Sungguminasa Yoggi membahas soal pengembangan pertanian dan peternakan di daerah tersebut. Foto/Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Bank Rakyat Indonesia (BRI) siap membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa untuk menggeliatkan ekonomi daerah, khususnya di sektor pertanian dan peternakan. Beberapa opsi kerja sama bisa dijalin kedua belah pihak untuk merealisasikan hal tersebut.

Pimpinan Cabang BRI Sungguminasa, Yoggi, mengatakan BRI dan pemerintah daerah bisa bersinergi membuat Desa Kanreapia menjadi tempat yang dikenal orang Indonesia sebagai penghasil kentang. "Kami melihat Kabupaten Gowa memiliki potensi pengembangan sayur seperti di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolopao," ungkapnya saat menemui Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Rabu (10/6/2020).



Selain sentra pertanian BRI juga ingin mensupport Pemkab Gowa pengembangan di bidang peternakan sapi. Dimana potensi tersebut dapat terlihat seperti di Kelurahan Sapaya Kecamatan Bungaya.

Yoggi menambahkan bahwa langkah ini sebagai upaya BRI Cabang Sungguminasa untuk membantu Pemkab Gowa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Gowa, khususnya di kalangan petani dan peternak.

"Ini akan kita coba sinergikan antara BRI dengan Kabupaten Gowa atau Pemda dalam hal pembinaan terhadap cluster-cluster pertanian maupun peternakan yang ada di kabupaten Gowa untuk dapat lebih menggeliatkan perekonomian hulu hilir ke di kabupaten Gowa," tambahnya.

Dia juga menambahkan selain memberikan support untuk Kabupaten Gowa agar menjadi lebih baik, kunjungannya hari ini juga dalam rangka silaturahmi. "Kondisi lapangan yang sudah kita lihat selama ini di tengah pandemi covid-19 di mana sebenarnya Gowa masih bisa lebih baik apabila memang Pak Bupati berkenan untuk bersinergi dengan kita," kata Yoggi.

Sementara itu, Bupati Adnan menyambut baik rencana BRI untuk mengembangkan pertanian dan peternakan di Kabupaten Gowa. Dirinya menyebutkan bahwa dua daerah di Kabupaten Gowa ini memang menjadi sentra sayuran-sayuran dan peternakan sejak dari dulu.



Bupati Adnan berharap Desa Kanreapia ini menjadi desa binaan BRI. Selanjutnya pihak bank bisa melakukan pembinaan ke petani-petani sayur. Dia juga meminta BRI tak hanya fokus pada kentang, tetapi juga pada klaster pertanian lain. "Seperti menjadikan Desa Kanreapia ini menjadi kampung BRI sehingga melakuka pembinaan dan berikan modal dan bagaimana penasaran," ujar Adan.

Begitupun dengan peternakan, Bupati Adnan menambahkan bahwa selama ini Sapaya menjadi salah satu sentra sapi di Kabupaten Gowa. Saat ini Pemkab Gowa bahkan sementara menjajaki kerjasama dengan Menteri Pertanian RI untuk pengembangan sapi.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4361 seconds (0.1#10.140)