Daftar Tempat dengan Risiko Penularan COVID-19 Tertinggi hingga Rendah

Rabu, 10 Juni 2020 - 17:45 WIB
loading...
Daftar Tempat dengan Risiko Penularan COVID-19 Tertinggi hingga Rendah
Masyarakat menumpuk di salah satu pasar di Jakarta. Foto: SINDOphoto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Mencegah penularan virus corona atau COVID-19 tidak hanya perlu dengan menjalankan protokol kesehatan . Ada baiknya, masyarakat juga menghindari tempat-tempat yang punya tingkat penularan tinggi.

Di sejumlah negara, termasuk Indonesia, pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19 mulai dilonggarkan. Aktivitas warga pun perlahan mulai kembali seperti semula. Atas pelonggaran itu, protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan rutin mencuci tangan disarankan oleh pakar kesehatan.

Di Michigan, Amerika Serikat , sejumlah ahli kesehatan bahkan sudah membuat daftar tempat yang berisiko menyebarkan virus COVID-19. Ahli tersebut terdiri dari Direktur Riset Penyakit Menular Beaumont Health Dr Matthew Sims, Direktur Medis Pencegahan Infeksi McLaren Health Care Dr. Dennis Cunningham, Spesialis Penyakit Infeksi Dr Mimi Emig, dan Direktur Medis Pencegahan Infeksi Henry Ford Macomb Dr Nasir Husain.


Dokter tersebut menggarisbawahi lima hal yang membuat sebuah tempat menjadi sangat berisiko, yaitu lokasi di luar atau dalam ruangan, kedekatan jarak antarorang, durasi kegiatan/pertemuan, kemungkinan dijalankannya protokol kesehatan, dan tingkat risiko pada masing-masing individu.

Mengutip laman MLive, berikut daftar tempat yang berisiko menularkan virus COVID-19 dengan level 1-10 menurut para pakar di atas. Level 10 adalah yang paling berisiko, dan level 1 yang risikonya terendah.

1. Bar
Tingkat Risiko 9

Para pakar sepakat bahwa bar termasuk yang berisiko sangat tinggi menyebarkan virus COVID-19.

"Setelah minum, pengunjung biasanya akan merasa seperti jagoan. Di situlah biasanya masalah dimulai," ujar Dr Husain.

Selain itu, biasanya orang tak pernah memakai masker di bar karena mereka sedang minum, lalu saling berdekatan dan berbaur. Bar lebih berisiko daripada restoran.

2. Stadium Olahraga
Tingkat Risiko 8
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)