Siap-siap! Tahun Ini Pengusaha Bakal Naikkan Harga

Senin, 10 Januari 2022 - 22:01 WIB
loading...
Siap-siap! Tahun Ini Pengusaha Bakal Naikkan Harga
Ada tiga faktor yang akan mendorong kenaikan inflasi tahun ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - DBS Group Research memproyeksi inflasi 2022 rata-rata sebesar 3%. Diperkirakan bahwa kenaikan tahun 2022 akan dipengaruhi oleh reformasi subsidi , penerapan perubahan pajak termasuk kenaikan tarif PPN, serta produsen akan meningkatkan harga untuk mengimbangi kenaikan biaya.



Senior Economist DBS Group Research Radhika Rao mengatakan, inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Indonesia pada Desember 2021 meningkat menjadi 1,87% secara tahunan (year on year/yoy) dan inflasi inti pada Desember 2021 meningkat 1,56%.

Sub-komponen menunjukkan kenaikan menyeluruh, termasuk makanan yang naik 3,1% secara yoy, transportasi naik 1,6%, dan utilitas naik 0,76%. "Kenaikan ini kemungkinan mencerminkan tekanan dari harga komoditas lebih tinggi dan peningkatan mobilitas atau permintaan berkat penurunan jumlah kasus Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (10/1/2022).



Menurut dia, inflasi meningkat rata-rata sebesar 1,6% yoy pada 2021, sedikit lebih tinggi dari perkiraan DBS yang sebesar 1,5%. Peningkatan harga yang terjadi untuk mengimbangi sebagian dari dampak harga komoditas tinggi, tekanan harga makanan dan jasa yang terkendali, di samping tekanan akibat permintaan.

Radhika melanjutkan, kenaikan inflasi tahun 2022 akan dipengaruhi oleh tiga faktor. Pertama, reformasi subsidi (jika ada), yaitu penyesuaian tarif bahan bakar dan utilitas. Kedua, penerapan perubahan pajak, termasuk kenaikan tarif PPN, yang kemungkinan akan memengaruhi setidaknya setengah dari inflasi dan kemungkinan menyebabkan kenaikan cukai tertentu.

Ketiga, produsen juga akan meningkatkan harga untuk mengimbangi kenaikan biaya, sebagaimana tecermin dalam inflasi harga grosir, memperkecil selisih antara hasil produksi nyata dan hasil produksi potensial karena aktivitas mulai normal kembali.



"Kami memperkirakan inflasi 2022 rata-rata sebesar 3% namun masih dalam target BI," tuturnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3701 seconds (0.1#10.140)