Menparekraf Dorong Pengembangan Desa Wisata di Torut demi Bangkitkan Ekonomi

Rabu, 12 Januari 2022 - 21:11 WIB
loading...
Menparekraf Dorong Pengembangan Desa Wisata di Torut demi Bangkitkan Ekonomi
Menparekraf RI Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Lembang Nonongan, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara. Foto: Istimewa
A A A
TORAJA UTARA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno , terus mendorong pengembangan desa wisata di berbagai daerah di Indonesia demi membangkitkan perekonomian. Salah satu yang amat potensial adalah Desa Wisata Lembang Nonongan, Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara (Torut).

Guna pengembangan desa wisata di Torut, Sandi -sapaan akrabnya, menyebut pihaknya akan mengkreasikan sebuah event di Toraja . Langkah tersebut juga merupakan upaya menjadikan Toraja sebagai destinasi wisata unggulan berskala internasional.



“Kita akan kreasikan event, dimana Toraja menjadi salah satu tujuannya dan skalanya ini internasional," kata Sandi , dalam kunjungan kerja Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) di Desa Wisata Lembang Nonongan, beberapa waktu lalu.

Orang nomor satu di Kemenparekraf RI itu menjabarkan desa wisata di Torut memiliki potensi menjanjikan dan akan terus dikembangkan. Ke depan, desa wisata Lembang Nonongan akan mendapatkan pembinaan produk wisata dan pengelolaan daya tarik wisata. Hal tersebut juga mendukung upaya pemulihan dan membangkitkan perekonomian.

Sandi menekankan pembinaan tersebut akan dilakukan oleh profesional di bidang pariwisata. “Salah satu kebangkitan ekonomi masyarakat di desa adalah pengembangan dan peningkatan pariwisata di desa tersebut,” tuturnya.

Dia mengungkapkan untuk menunjang peningkatan wisata di desa tersebut, pihaknya akan memberikan perlengkapan kesehatan sebagai penunjang bagi desa tersebut. Dengan begitu, desa wisata dipastikan taat protokol kesehatan.

"Kalau sudah ada penunjangnya maka kita harapkan masyarakat dan wisatawan bisa lebih peduli akan protokol kesehatan,” tegasnya.

Sekadar diketahui, Lembang Nonongan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sopai, Kabupaten Toraja Utara . Desa itu terletak di lereng dan sekitar kaki Gunung Sopai. Desa Wisata Lembang Nonongan adalah salah satu desa dari 151 lembang atau desa dan kelurahan yang ada.



Sebagai masyarakat agrarian, masyarakat Desa Wisata Lembang Nonongan masih mempertahankan kebiasaan leluhur mereka yang sudah dilakukan turun temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Ada dua hal yang sangat menonjol di sana. Pertama, bagaimana hubungan manusia dengan alam lingkungannya sebagai sumber kehidupan sekaligus pendukung kehidupan. Kedua, bagaimana hubungan manusia dengan sesamanya sebagai makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)