TOPIK TERPOPULER

Pemkot Makassar Wacanakan Bangun Infrastruktur Mirip Bundaran HI di BTP

Andi Nur Isman
Pemkot Makassar Wacanakan Bangun Infrastruktur Mirip Bundaran HI di BTP
warga beraktivitas di sekitar Bundaran HI Jakarta. Pemkot Makassar berencana membangun infrastruktur mirip Bundaran HI untuk menguraik kemacetan di sekitar BTP. Foto/Dok

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar merancang sejumlah program infrastruktur pada tahun 2022 ini. Salah satunya membangun infrastruktur yang mirip bundaran HI Jakarta.

Lokasi pembangunan bundaran tersebut diwacanakan dilakukan di sekitar Bumi Tamalanrea Permai (BTP) di Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Konsepnya hampir mirip dengan bundaran HI," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar, Zuhaelsi Zubir, Kamis (13/1/2022).

Infrastruktur baru ini sengaja direncanakan untuk menyikapi kemacetan yang sering terjadi di sekitar wilayah tersebut. Dengan adanya bundaran, kemacetan diharap bisa terurai.

Baca Juga: Pemkot Makassar Bakal Hadirkan 1.000 Motor Listrik di Lorong



Hanya saja, belum disebutkan berapa rincian anggaran untuk membangun infrastruktur mirip bundaran HI tersebut. Namun, rencananya akan dilakukan melalui APBD 2022.

Diketahui, secara keseluruhan Dinas PU Kota Makassar mendapat alokasi anggaran sebesar Rp897,6 miliar melalui APBD 2022. Pembangunan infrastruktur menjadi alokasi anggaran terbesar.

Zuhaelsi mengatakan, alokasi anggaran terbesar ada di pembangunan infrastruktur jalan. Pagu anggaran untuk jalan kota sekitar Rp67 miliar, jalan lingkungan Rp74 miliar, jalur pedestrian Rp36 miliar, dan penataan simpang jalan sebesar Rp15 miliar.

"Anggaran Rp897,6 miliar sebagian besar akan digunakan untuk pembangunan hingga rehabilitasi sejumlah program infrastruktur," ucap Zuhaelsi.



(agn)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!