TOPIK TERPOPULER

Terlibat Tawuran, Dua Kelompok Warga di Kelurahan Bunga Eja Beru Didamaikan

Faisal Mustafa
Terlibat Tawuran, Dua Kelompok Warga di Kelurahan Bunga Eja Beru Didamaikan
Dua kubu yang terlibat tawuran di Kelurahan Bunga Eja Beru, Kecamatan Tallo, Kota Makassar didamaikan. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Unsur Tripika Kecamatan Tallo mendamaikan dua kelompok warga yang terlibat tawuran di Kelurahan Bunga Eja Beru yakni di Jalan Tinumbu Lorong 142 dan 148, Jumat (14/1) sore.

Camat Tallo, Alamsyah Sahabuddin mengatakan, dua kelompok warga itu bersepakat untuk berdamai, menahan diri, dan mengimbau keluarganya agar tidak terlibat serta terprovokasi melakukan tawuran.

Baca juga: Janjian di Medsos lalu Tawuran, Satu Pelajar Tangerang Tewas

Penandatangan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU) dilakukan secara terbuka, disaksikan seluruh pihak mulai dari tokoh masyarakat, pemuda serta orang tua.

Menurut Alamsyah, cara ini dianggap sebagai salah satu pencegahan atas keresahan masyarakat dengan tawuran yang melibatkan dua kelompok tersebut. Penandatangan MoU secara terbuka dilakukan agar semua pihak bisa jadi pengontrol.



"Jadi dua kelompok ini bukan hanya berjanji kepada pemerintah, polisi, TNI tapi di hadapan masyarakat. Jadi seluruh masyarakat ikut mengawasi atau menjadi bagian dari kontrol apa yang telah disepakati bersama," ucapnya melalui sambungan telepon.

Baca juga: Mencekam! 2 Kelompok Warga di Kota Makassar Terlibat Tawuran Berdarah

Kapolsek Tallo, Kompol Badollahi menambahkan, ada lima poin yang disetujui kedua belah pihak. Pada intinya mereka berjanji untuk menjaga keamanan di wilayahnya. Lalu mengawasi tindak tanduk pihak ketiga yang mencoba memicu keributan.

Dalam perjanjian itu juga polisi punya kewenangan penuh untuk bertindak represif bilamana ada kondisi yang mengingkari poin-poin MoU. "Semoga dengan perjanjian ini menjadi suatu landasan dan motivasi untuk rujuk dan damai kembali agar tidak terjadi perang kelompok lagi," ungkapnya.



(luq)

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!