PLN Energize GI dan SUTT Sungguminasa-Lanna, Listrik di Malino Kian Andal

Minggu, 16 Januari 2022 - 19:48 WIB
loading...
PLN Energize GI dan SUTT Sungguminasa-Lanna, Listrik di Malino Kian Andal
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi berhasil melaksanakan pemberian tegangan pertama (energize) pada tiga Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK). Foto: Dok/PLN
A A A
MAKASSAR - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi berhasil melaksanakan pemberian tegangan pertama (energize) pada tiga Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK).

Tiga PIK tersebut, di antranya Gardu Induk (GI) 150kV Lanna (New), GI 150kV Sungguminasa (Extension) dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Sungguminasa-Lanna melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel). PIK tersebut berhasil menerima tegangan pertama pada pukul 17.15 WITA.



GI 150kV Lanna yang berlokasi di Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa memiliki kapasitas trafo sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA), GI 150 kV Sungguminasa yang berlokasi di Jalan Bakolu Kecamatan Palangga, Kabupaten Gowa memiliki 2 Line Bay.

Sedangkan SUTT 150kV Sunguminasa-Lanna terbentang sepanjang 45,26 KMS dengan total Tower sebanyak 70 TIP. Ketiga pekerjaan ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 81%, melebihi dari target yang ditetapkan oleh pemerintah.

General Manager PLN UIP Sulawesi, Defiar Anis menyampaikan, pembangunan tersebut merupakan bentuk dukungan PLN terhadap sektor pariwisata di Kawasan Malino dengan meningkatkan keandalan listrik di kawasan tersebut. "Kawasan wisata Malino merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh warga Sulawesi Selatan khususnya warga Kota Makassar," ungkap Anis.

Dia melanjutkan, selain kawasan wisata terdapat juga industri pemecah batu di sekitar jalan poros Malino yang memanfaatkan listrik untuk kelancaran usahanya. Diharapkan nantinya industri pariwisata dan industri pemecah batu di wilayah Malino dapat terus berkembang sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Gardu Induk Lanna nantinya akan menyuplai listrik kepada sebagian pelanggan yang sebelumnya disuplai oleh Gardu Induk Borongloe, hal ini merupakan upaya PLN dalam memberikan pasokan listrik yang andal khususnya bagi 29.167 pelanggan atau setara dengan 35.064.450 Volt Ampere yang terdiri dari pelanggan golongan rumah tangga dan golongan bisnis," sambung Anis.



Menurut Anis, selesainya tiga PIK tersebut berkat dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, Aparat Keamanan di wilayah Sulawesi Selatan yang telah bersama-sama mengawal pekerjaan ini sehingga bisa beroperasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4589 seconds (0.1#10.140)