Idap Beragam Penyakit, Bocah di Pangkep ini Butuh Uluran Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 - 21:07 WIB
loading...
Idap Beragam Penyakit, Bocah di Pangkep ini Butuh Uluran Tangan
Seorang bocah di Pangkep membutuhkan bantuan untuk pengobatan penyakit yang ia derita. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan
A A A
PANGKEP - Di usia yang harusnya dinikmati untuk bermain, Reza (6) warga Kampung Kassi Kebo, Kelurahan Talaka, Kecamatan Ma'rang, Kabupaten Pangkep harus terbaring sakit . Ia mengidap anemia gravis (anemia berat), hepatosplenomegali (gangguan fungsi hati dan limpa), dan thalassemia (kelainan darah dari keturunan).

Akibat komplikasi penyakit tersebut, perut Reza makin hari semakin membesar. Kondisi fisik yang seperti itu membuat Reza tak hanya sulit beraktivitas layaknya anak seumurnya, bernafas pun bocah ini kesulitan.



Ketua Yayasan Peduli dan Berbagi, Tajuddin yang mendampingi pengobatan Reza mengatakan, selama ini ini keluarga Reza berupaya untuk mengobati penyakit Reza dengan membawa ke puskesmas maupun rumah sakit. Namun keterbatasan biaya, pihak keluarga tak mempu membawa Reza untuk mendapatkan fasilitas pengobatan yang lebih baik.

"Ayah Reza bekerja serabutan dan tak setiap hari ada penghasilan. Mereka juga dibantu oleh nenek Reza yang masih bekerja jadi pemintal jala ikan untuk nelayan, yang penghasilannya hanya cukup untuk makan sehari-hari. Kadang uang mereka juga kurang untuk beli beras," kata Tajuddin, Minggu (16/1/2021).

Tajuddin menuturkan, bukan hanya sakit , Reza juga sejak kecil sudah kehilangan' kasih sayang ibunya. Orang tua mereka berpisah saat Reza masih kecil.

"Reza tinggal hanya bertiga saja dengan ayah dan nenek. Saat ayah dan neneknya pergi bekerja, Reza ditinggal di rumah. Bila sakitnya kambuh, ia terpaksa ikut neneknya bekerja karena tak ada yang merawatnya di rumah," kata Tajuddin.

Sebelum tinggal di Pangkep, orangtua Reza merantau ke Papua selama bertahun-tahun. Nanti pada September 2021, ayahnya membawa Reza kembali ke Pangkep .



Tajuddin berharap kepada masyarakat untuk memberikan bantuan untuk pengobatan Reza yang saat ini dirawat di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Ia menyebutkan, untuk kesembuhan Reza dibutuhkan biaya hingga Rp150 juta.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)