alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Kemenkop Dorong Produk UMKM Agar Siap Bersaing di MEA

Suwarny Dammar
Kemenkop Dorong Produk UMKM Agar Siap Bersaing di MEA
Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM mendorong peningkatan kualitas produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat bersaing dalam pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Foto : Suwarny Damar/SINDOnews

MAKASSAR - Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM mendorong peningkatan kualitas produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM) agar dapat bersaing dalam pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Menurut Asisten Deputi Perlindungan Usaha Kemenkop dan UMKM, Karimuddin, pasar bebas ini menuntut seluruh pemilik produk agar dapat meningkatkan kualitas, sehinga memiliki daya saing yang kuat.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya digelarlah temu Konsultasi KUMKM Dalam Rangka Penanganan Dampak Perdagangan Bebas MEA, yang telah berlangsung di D’Maleo Hotel, kemarin.

"UMKM harus mampu menghadapi tantangan globalisasi ekonomi dunia, dan mengantisipasi perkembangan perubahan lingkungan yang cepat dengan fokus membangun daya saing produk KUMKM yang berkelanjutan di pasar domestik dan pasar luar negeri,"ujarnya.

Oleh sebab itu, Karimuddin menuturkan, perlu diambil langkah-langkah strategis dalam mengembangkan dan meningkatkan kapasitas kinerja Koperasi dan UMKM dalam menghadapi tantangan dan persaingan di era globalisasi antara lain melalui kegiatan yang berkesinambungan kepada pelaku usaha Koperasi dan UMKM.

"Produk Indonesia harus mampu berkompetisi dengan produk produk yang dihasilkan negara ASEAN. Hal ini menjadi tantangan bagi KUMKM apabila kualitas produknya tidak memenuhi standar dan minimnya kemampuan SDM para Pelaku Usaha. Mencermati kondisi tersebut Kementerian Koperasi dan UKM berkomitmen meningkatkan produktifitas dan daya saing KUMKM, memprioritaskan pengembangan KUMKM secara terintegrasi dari hulu hingga hilir, "jelas Karimuddin.



(sss)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads