alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Penyebar Fitnah di Pilkada Sidrap, Tiru Akun Medsos Anggota Polri

Mustafa Layong
Penyebar Fitnah di Pilkada Sidrap, Tiru Akun Medsos Anggota Polri
Pelaku ujaran kebencian MUG, 38, saat berada di Polda Sulsel. Foto: Mustafa Layong/SINDOnews

MAKASSAR - Ulah warganet berinisial MUG, 38 ini benar-benar nekat. Dia memanipulasi akun facebook miliknya hingga sama persis milik anggota Polres Mukomuko, Polda Bengkulu, Ghofur Mum Farid.

Dengan akun hasil jiblak itu, warga Kabupaten Sidrap tersebut menebar fitnah isu korupsi dan hate speech di Grup Pilkada Sidenreng Rappang 2018. Karena ulahnya, dia dibekuk tim Cyber Crime Polda Sulsel Sabtu 10 Maret 2018.

Wakil Direktur Reskrimsus AKBP Parojahan Simanjuntak mengatakan, selain menebar postingan konten pencemaran nama baik dan ujaran kebencian di medsos, tersangka juga menggunakan akun palsu. Bahkan dia meniru akun facebook milik anggota Polri.



Akibatnya ulah tersangka, dapat menimbulkan opini anggota Polri tidak netral dalam Pilkada.

"Dia pakai foto anggota polri dan nama anggota angkatan 29, berpangkat brigadir. Ini kan dapat menimbulkan opini polisi tidak netral," jelasnya.

Lebih lanjut, terlepas pengusutan kasus hate speech yang dilakukan MUG terhadap salah satu paslon, korban pemilik akun yang dipalsukan pun sudah melaporkan kejahatan laki-laki 38 tahun ke Polres Mukomuko, Polda Bengkulu.

"Dengan menggunakan akun yang bukan milik dia, milik orang lain sudah salah. Kemudian dia mengatakan kata-kata mengandung unsur pencematan nama baik," jelas Parojahan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook