alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Izin Cuti Kampanye, Legislator Akan Abaikan Tugas

Hasdinar Burhan
Izin Cuti Kampanye, Legislator Akan Abaikan Tugas
Suasana rapat di DPRD Makassar beberapa waktu lalu. Foto: dok/SINDOnews

MAKASSAR - Sejak memasuki masa kampanye 15 Februari 2017, puluhan anggota DPRD terlibat aktif ikut mengampanyekan paslon kepala daerah.

Namun, keterlibatan tersebut diduga mengancam kinerja legislasi bahkan melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

Sekretaris Dewan Kota Makassar, Adwi Awan Umar mengatakan, pihaknya baru saja menerima surat dari KPU terkait PKPU yang mengatur bahwa setiap Bupati, Gubernur, Walikota, Wakil Walikota, anggota DPR yang terlibat kampanye wajib untuk izin cuti, tiga hari sebelum masa kampanye atau pelaksanaan kampanye. Cuti tersebut harus memasukkan izin ke KPU.

“Hari ini saya baru terima surat dari KPU bahwa setiap yang terlibat kampanye wajib untuk izin cuti. Ini berlaku untuk anggota dewan yang digaji oleh negara, jadi tidak berlaku anggota partai bukan anggota parlemen,” jelasnya saat ditemui oleh awak media, Selasa, (13/02/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan PKPU No.4/2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota mengatur, bahwa setiap anggota dewan harus mengajukan cuti melalui KPU yang ditembuskan kepada Sekretariat Dewan.

“Semua yang berbentuk kampanye harus ada izin ke KPU, tetapi suratnya juga baru masuk hari ini. Jadi, kami baru mau sampaikan ke semua anggota DPRD,” katanya.

Sekwan menegaskan ketika anggota dewan mengajukan cuti, semua fasilitas negara tidak boleh digunakan oleh dewan untuk kampanye, seperti sarana mobilitas (randis), gedung kantor, rumah dinas, dan sarana perkantoran.

Jika tidak, dewan tersebut bakal dilaporkan ke Badan Kehormatan untuk diproses oleh dewan etik. “Kami lapor ke Badan Kehormatan (BK) bilamana tidak mengajukan izin, lalu ternyata ikut kampanye," katanya.

Namun, ia mengakui sampai saat ini belum ada anggota dewan yang mengajukan cuti untuk ikut aktif kampanye. “Sejauh sepengetahuan saya belum ada anggota dewan yang mengajukan izin cuti. Saya tidak tahu kalau ada yang langsung sampaikan disana (KPU),” katanya.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads