TOPIK TERPOPULER

Dosen-Mahasiswa Berbagai PT Bantu Kembangkan Potensi Desa di Gowa

Herni Amir
Dosen-Mahasiswa Berbagai PT Bantu Kembangkan Potensi Desa di Gowa
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima Tim Peneliti Terapan MBKM, Selasa (18/1/2022). Foto: SINDOnews/Herni Amir

GOWA - Kabupaten Gowa akan menjadi sasaran penelitian terapan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi (PT). Ini merupakan program Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Ketua Tim Peneliti Terapan MBKM Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Eko Hadi Sujiono mengatakan, program ini merupakan lanjutan dari program MBKM Kemendikbud Ristek RI, yang dikerjasamakan dengan Pemerintah Kabupaten Gowa sejak 2021 lalu.

Baca juga: Oknum Pegawai RSUD Syekh Yusuf Diduga Lakukan Pungli



Dia menjelaskan, berbagai kegiatan yang akan dilakukan selama penelitian terapan MBKM ini, seperti KKN tematik, projecta membangun desa, program riset sesuai keilmuan yang menyasar pengembangan desa di Kabupaten Gowa.

"Peserta dari seluruh perguruan tinggi di seluruh Indonesia, mereka akan berkegiatan selama 6 (enam) bulan, membantu pemerintah desa menjadi stimulus dalam membangun desa," kata Prof Eko saat menemui Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan di Ruang Rapat Bupati Gowa, Selasa (18/1).

Prof Eko melanjutkan, sejauh ini pihaknya telah menyelesaikan suatu sistem database yang akan mendata mahasiswa dan dosen yang berkegiatan MBKM di Kabupaten Gowa. Menurutnya, sistem ini akan membantu Pemerintah Kabupaten Gowa untuk mengetahui jumlah mahasiswa dan dosen yang berkegiatan di Kabupaten Gowa.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah dan Aisyiyah KKN di Gowa

"Jadi kalau Dinas Pendidikan ditanya, dia tahu jumlah dosen dan mahasiswa yang berkegiatan di Gowa dan di bidang apa, seperti pertanian, peternakan atau pariwisata dan lainnya," ungkapnya.

Selain itu, ke depan pihaknya juga akan membuat sistem potensi Kabupaten Gowa untuk kecamatan tertentu dan desa tertentu yang menjadi sasaran. Tidak hanya itu, dirinya juga akan merancang Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukum dari kegiatan tersebut.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!