Curah Hujan Meningkat, Warga Jakarta Diimbau Waspada

Rabu, 19 Januari 2022 - 14:41 WIB
loading...
Curah Hujan Meningkat, Warga Jakarta Diimbau Waspada
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai ihwal peningkatan curah hujan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau kepada seluruh warga untuk mewaspadai ihwal peningkatan curah hujan. Ada potensi peningkatan genangan air di Jakarta pada periode Januari-Februari 2022.



"Yang penting, sekarang kami ingin bahwa seluruh warga Jakarta waspada, hati-hati, standby ya. Di Januari Februari ini memang ada potensi peningkatan genangan. Untuk itu harus siap sedia sesuai dengan aturan dan ketentuan," ujar pria yang biasa disapa Ariza,saat ditemui di Balai Kota, Rabu (19/1/2022).

Politisi Partai Gerindra ini memastikan langkah antisipasi sudah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam mengantisipasi curah hujan. Pertama, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan BNPB dan menyusun regulasi dalam menghadapi bencana di Jakarta.



"Kami terus koordinasikan dengan BNPB, dengan semuanya penggiat kebencanaan. Kita sudah menyusun berbagai regulasi," jelasnya.



Kedua, Pemprov DKI sudah menyiapkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. DKI telah berkoordinasi untuk bersiaga bersama dengan aparat, lembaga swadaya masyarakat (LSM), hingga organisasi masyarakat yang peduli terhadap kemanusiaan dan kebencanaan.

"Kemudian juga yang ketiga fasilitas sarana dan prasaran sudah kami siapkan. Mulai dari perahu karet sampai dengan logistik terkait kebutuhan bayi juga sudah, termasuk tempat-tempat pengungsian," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Masyarakat pun diimbau tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama 3 hari ke depan mulai 19-21 Januari 2022.

Potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)